Pohon Kiara Unik Berusia Ribuan Tahun Ada Di Bandung

JABARNEWS | BANDUNG – Sebuah pohon Kiara tumbuh besar diatas batu karang yang berlokasi sangat dekat dekat dengan pemadian air panas Kampung Cipanas, Desa Rajamandala, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat.

DIketahui pohon ini sudah berumur ribuan tahun dengan ketinggian di atas 20 meter. Pohon ini tumbuh dan subur diatas batu karang yang berukuran tinggi 7 meter dan menyimpan keunikan tersendiri.

Seorang sesepuh di Kampung CIpanas Iyus (57) mengatakan Indonesia ini sangat susbur, sehingga tak salah Grup Musik Koes Plus itu mengeluarkan lirik ‘Tongkat, kayu, dan batu jadi tanaman’, menurut Iyus pohon Kiara ini sebagai buktinya. Meskipun berada diatas batu pohon itu masih bisa bertahan selama ribuan tahun dan tumbuh subur.

Baca Juga:  Basuki Hadimuljono Targetkan Jalan Tol Cisumdawu Beroperasi Seluruhnya pada Juni 2023

“Lagu dari Koes Plus, tongkot kayu dan batu jadi tanaman, ya ini buktinya, ada nyatanya disini, ” ujar Mang Iyus sapaan akrabnya.

Baca Juga:  Polda Jabar Tetap Lakukan Tilang Elektronik di Masa Sosialisasi, Ini Lokasinya

Iyus juga mengatakan pohon ini seolah ajaib, karena dianggap tidak pernah memberikan ancaman apapun kepada warga sekitar ataupun pengunjung. Iyus menerangkan, batang pohon yang jatuh dari pohon Kiara ini selalu pas sepi pengunjung.

“Ya uniknya juga, ada beberapa kali kejadian, mau batang pohonnya atau batunya saat jatuh, tidak menimpa warga disini atau pengunjung, jatuh pas lagi sepi saja, kaya yang jatuhnya disimpen, ” ujarnya dikutip dari laman Tribun.

Baca Juga:  Dampak Corona, TPU Di Sergai Sepi Peziarah

Pohon Kiara ini memberikan keunikan dan menjadi icon lokasi pemandian air panas yang kerap dikunjungi warga itu. Pohon ini tetap subur meskipun musim kemarau.

“Ya gini saja, musim kemarau tetap tumbuh sumbur, ” tutup Mang Iyus sembari menunjuk pohon unik tersebut. (Red)