Ridwan Kamil: Jabar Jadi Provinsi Paling Banyak Lakukan Test Swab

JABARNEWS | BANDUNG – Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil menyebut bahwa Jabar menjadi provinsi yang paling banyak melakukan test Swab di luar DKI Jakarta.

Dia mengatakan sekitar 160 ribu test Swab telah dilakukan secara gabungan oleh Tim Gugus Tugas dan TNI di seluruh Jabar.

“Jadi kalau dibandingkan terhadap provinsi lain maka Jawa Barat adalah pengetesan swab terbanyak dari seluruh provinsi di luar Jakarta,” kata Emil, sapaan akrabnya saat konferensi pers di Makodam III/Siliwangi, Kota Bandung, Senin (3/8/2020).

Baca Juga:  Stt..Menpora Imam Nahrawi Jadi Tersangka

Kendati demikian, dia menjelaskan bahwa selama dilakukan pengetesan, angka reproduksi Covid-19 meningkat. Oleh karena itu, Emil menegaskan, pihaknya akan terus menguatkan kewaspadaan.

Baca Juga:  Ridwan Kamil Bakal Kembali Diperiksa Polisi Soal Pelanggaran Prokes di Megamendung

“Rata-rata di seminggu terakhir ada di 105, ya sehingga kita harus tekan lagi untuk turun tetap di angka satu,” ungkapnya.

Akan tetapi, Emil menyampaikan bahwa pengetesan test swab terakhir oleh Kodam sekitar 1.000 orang telah dinyatakan sembuh dari positif Covid-19. Angkata tersebut, lanjut dia, angka kesembuhan di Jabar lebih tinggi dibanding yang positif aktif Covid-19. Sedangkan yang sembuhnya 3.992 sementara yang aktif 2.435.

Baca Juga:  Kisruh Kerumunan Habib Rizieq, Ridwan Kamil: Mahfud MD Harus Tanggung Jawab

“Jadi ini untuk menyemangati, jadi mohon rekan-rekan media untuk diberitakan bahwa angka sembuh di Jabar sudah jauh lebih tinggi dibanding yang sakit,” tutupnya. (RNU)