Heboh, Hiu Tutul Terdampar di Pesisir Pantai Cipatujah

JABARNEWS | TASIKMALAYA – Seekor ikan berukuran besar, hiu tutul terdampar di pesisir pantai Batu Cakup Desa Ciheras, Kecamatan Cipatujah, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, Senin (3/08/2020).

Penemuan hiu tutul yang sudah dalam kondisi mati inipun sempat membuat heboh warga dan nelayan hingga menjadi tontonan.

Hingga akhirnya mereka pun berinisiatif untuk memotong-motong (merecah) ikan malang tersebut menjadi bagian-bagian kecil dan dibawa pulang untuk dikonsumsi warga.

Ketua Rukun Nelayan Pantai Pamayang, Sana Sofyan, mengatakan selain ukurannya yang cukup besar, ikan hiu tersebut juga karena kemunculan ikan yang tidak biasa tersebut terjadi dalam kurun waktu cukup lama.

Baca Juga:  Ini Dia Penyebab Anda Ngantuk Saat Menjalankan Ibadah Puasa

“Sekitar 5 sampai 10 tahun sekali ikan ini baru muncul di perairan Cipatujah. Kali ini satu ekor diantaranya terdampar di pinggir Pantai Cipatujah,” jelas Sana.

Ia memprediksi, jika terdamparnya ikan langka dan dilindungi tersebut akibat adanya perubahan suhu dan arus air di sekitar pantai Cipatujah. Sehingga mengacaukan radar migrasi ikan hiu tutul.

Baca Juga:  Lapas Kesambi Cirebon Gelar Swab Test Massal

Pihaknya pun telah mewanti-wanti pada nelayan dan warga bila apabila menemukan ikan paus atau hiu untuk menolong dan mengembalikannya ke lautan. Akan tetapi pada penemuan kali ini, ikan tersebut sudah dalam kondisi mati. Sehingga warga pun tidak sempat melakukan pertolongan pada ikan tersebut.

“Untuk kelestarian alam, sebenarnya kita sudah meminta agar segera ditolong dan dikembalikan ke lautan bila menemukan ikan langka dan dilindungi. Seperti hiu tutul tersebut. Tetapi yang ini kondisinya sudah mati,” ujar dia.

Baca Juga:  Ratusan Pegawai Positif Covid-19, Gedung Sate Masih Lockdown

Kepala Desa Padawaras Kecamatan Cipatujah, Yayan Siswandi, membenarkan adanya ikan jenis hiu tutul tersebut yang terdampar di pinggir pantai Ciheras Cipatujah. Akan tetapi ikan tersebut sudah dalam kondisi mati.

“Warga bukan tidak ada upaya untuk menyelamatkan. Akan tetapi karena ukurannga yang besar dan ikan tersebut sudah dalam kondisi mati,” ujar dia. (Red)