Protes Para Pekerja Hiburan Malam di Bandung, Ridwan Kamil Tegaskan Ini

JABARNEWS | BANDUNG – Para pemandu lagu di Kota Bandung pada hari ini, Senin (03/08/2020) menggalar aksi damai di Jalan Wastukencana, Balai Kota Bandung. Mendesak tempat hiburan malam dibuka kembali selama Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB).

Gubernur Jabar Ridwan Kamil menanggapi tuntutan para demonstran yang merasa terdampak ekonomi karena Covid-19, bahwa pihakna sedang melakukan kajian terlebih dahulu untuk membuka sektor hiburan tersebut.

Baca Juga:  Ridwan Kamil Lakukan Audiensi dan Serap Aspirasi Buruh

“Sedang melakukan kajian dulu karena Covid-19 ini beredar di ruang tertutup yang aliran udaranya tidak ada jendela. Hiburan malam, mayoritas kondisinya seperti itu,” ujar Ridwan Kamil, Senin (03/08/2020).

Ia menegaskan, tidak ingin mengambil resiko sebelum ada kepastian tempat hiburan dinyatakan aman dari Covid-19. kata dia, jadi, protokol akan disiapkan.

Baca Juga:  Lakukan Subuh Keliling Perdana Di Masa AKB, Ini Pesan Ridwan Kamil

Emil mengatakan, kepada mereka yang terdampak, pihaknya sudah menyiapkan bantuan sosial. Bantuan tersebut, oleh Pemprov Jabar sudah dilebihkan 20 persen dari daftar yang ada.

“Kalau mereka belum dapat, mereka bisa mengakses di 20 persen untuk mengakomodasi mereka yang tidak terdaftar dalam daftar pertama. Pak Sekda bisa berkoordinasi dengan pengunjuk rasa tadi,” katanya.

Sementara menurut Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jawa Barat, M Arifin Soedjayana, mengatakan kalau memang merasa terdampak, boleh mengajukan bantuan.

Baca Juga:  Kisruh Kerumunan Habib Rizieq, Ridwan Kamil: Mahfud MD Harus Tanggung Jawab

Karena, yang terdakmpak Covid-19 memang masyarakat Miskin baru (Misbar). Namun, yang penting, semua pekerja malam yang ingin mendapatkan bantuan harus sudah menempuh prosedur. Yakni, mendaftar di aplikasi Sapa warga, Pikobar dan lainnya untuk diverifikasi,” ujarnya. (Red)