Liga Inggris: Sengaja Batuk Ke Wajah Lawan Bisa Diganjar Kartu Merah

JABARNEWS | BANDUNG – Berbagai aturan baru dalam dunia sepak bola telah dibentuk regulasinya sering perhelatan olah raga tersebut telah dilanjutkan kembali di tengah pandemi Covid-19.

Otoritas sepak bola Inggris, FA, mengeluarkan aturan baru yang bisa membuat pemain Liga Inggris diganjar kartu kuning atau bahkan kartu merah jika sengaja batuk di hadapan wajah lawan atau wasit.

Baca Juga:  Presiden Sri Langka Gotabaya Rajapaksa Dipaksa Mundur, Warga Kuasai Kamar Mewahnya

“Wasit diperbolehkan memberi hukuman tersebut apabila yakin seseorang secara sengaja dan dari jarak dekat batuk ke wajah lawannya ataupun seorang ofisial pertandingan,” demikian yang dilaporkan Reuters, Senin (03/08/2020)

Baca Juga:  Pandemi Corona Tak Kendurkan Atlet Dayung Ikuti Pelatnas di Waduk Jatiluhur

Dokumen regulasi baru FA tersebut menyatakan pelanggaran itu tergolong dalam kategori penggunaan gestur dan/atau bahasa yang ofensif, menghina maupun bersifat pelecehan.

“Jika insiden itu tidak terlalu parah untuk diganjar kartu merah, peringatan bisa dikeluarkan wasit sebagai bagian dari perilaku tak sportif ataupun penghinaan terhadap pertandingan,” demikian dokumen yang sama menyatakan.

Baca Juga:  Begini Kondisi Sungai Cikeas Bekasi Jadi Lautan Bambu

Kendati demikian regulasi tersebut menekankan bahwa wasit harus bisa membedakan batuk yang wajar sembari terus mengingatkan agar pemain tidak meludah di lapangan, pun hal itu tidak dianggap sebagai tindakan melanggar. (Red)