Ikuti Protokol Kesehatan, PWI Kota Bandung Siap Gelar UKW Ke-37

JABARNEWS | BANDUNG – Guna mengikuti protokol kesehatan seperti yang dianjurkan pemerintah dampak pandemi Covid-19, PWI Kota Bandung menyediakan kouta peserta 36 orang dan harus menyiapkan ruangan yang luas untuk pelaksaan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) Angkatan Ke-37 pada 15-16 September 2020 di Kota Bandung.

Kegiatan ini merupakan bagian dari tanggungjawab PWI Kota Bandung sebagai organusasi pers guna meningkatkan kualitas warrawab di Kota Bandung dan sekitarnya, meski harus dilaksanakan dalam kontrol ketat atas protokol kesehatan seperti diwajibkan pemerintah.

Rencana kegiatan ini menurut Ketua PWI Kota Bandung Hardiansyah, semula akan dilaksanakan pada April 2020 lalu. Namun karena pandemi Covid-19 terpaksa diundur. Sedangkan jadwal UKW di daerah lain yang disetujui Dewan Pers dan PWI Pusat, seperti UKW Angkatan Ke-35 tetap dilaksanakan oleh Kabupaten Karawang pada Agustus 2020, dan UKW Angkatan Ke-36oleh Kabupaten Bandung.

Baca Juga:  Dapatkan Harga Promo Pembelian Cat di TB Nadiva Jaya

“Memang awalnya jadwal UKW untuk PWI Kota Bandung diadakan April 2020, karena Covid-19, akhirnya mundur. Kemudian kami coba rencana tanggal 10-11 Agustus 2020, ternyata juga tidak bisa kita, karena ada penjadwalan baru dari pihak Dewan Pers dan PWI pusat. Jadi PWI Kota Bandung kebagian menggelar UKW Ke-37 tanggal 15-16 September 2020,” ucap Andy di Sekretariat PWI Kota Bandung Jln. Ahmad Yani 262 Kawasan Stadion Persib (Sidolig) Bandung Selasa (04/08/2020).

Dia menjelaskan, bagi calon peserta (wartawan) yang berminat mengikuti UKW ini, dapat segera mendaftar ke Sekretariat PWI Kota Bandung dengan melampirkan persyaratan. Antara lain, media tempat calon peserta bernaung harus sudah berbadan hukum.

Baca Juga:  Sejumlah Sopir Kendaraan Umum di Cianjur Keluhkan Ini

Sementara Ketua Panitia UKW-37 2020, Miftahul Akmal menambahkan, peserta dibatasi hanya 36 peserta dan hanya untuk UKW kelompok MUDA. Artinya untuk kegiatan UKW tahun 2020 ini, PWI Kota Bandung tidak menyediakan kelas kelompok MADYA atau UTAMA.

“Selain alasan Covid-19, UKW digelar dengan sistem protokol kesehatan yang ketat.

Ada peraturan dari Gugus Tugas Penanggulangan Covid-19 Kota Bandung, setiap kegiatan yang melibatkan banyak orang, dengar peserta maksimal 50 persen,” tegasnya.

Karena itu, tukas Akmal, setiap peserta UKW akan berikan Face Shield, Hand Sanitezer dan Masker selama dua hari mengukuti UKW. Begitu juga saat pelaksanaan UKW, peserta yang harusnya satu meja yang biasa diisi 4 orang, nanti harus dilakukan jarak jarak jadi 2 orang 1 meja. Jadi panitia memerlukan ruang yang cukup luas juga untuk kegiatan ini.

Baca Juga:  Bikin Heboh Warga Karawang, Tas Diduga Berisi Bom Ternyata Isinya Ini

Pada tempat terpisah, Kabag Humas Setda Kota Bandung Sony Teguh Prasatya S.Sos MM mendukung pelaksanaan UKW yang diselenggarakan oleh PWI Kota Bandung.

Pihaknya berharap semua awak media yang bertugas di lapangan memiliki kompetensi standar untuk mendukung kinerja jurnalis.

“Semua dilakukan agar kualitas informasi yang dihasilkan oleh wartawan yang kompeten sesuai dengan standar kinerja yang profesional, cover both side, dan kredibel,” pungkasnya.(robby)