Siap Jadi Relawan Uji Vaksin, Ridwan Kamil Jalani Tes Kesehatan

JABARNEWS | CIREBON – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil bersiap jadi relawan uji vaksin Covid-19. Ia pun melakukan tes kesehatan untuk mengetahui ada tidaknya penyakit bawaan.

“Setahu saya, sih, saya tidak ada penyakit bawaan,” ujar Ridwan Kamil, usai melakukan rapat dengan tim gugus tugas Covid-19 Kota dan Kabupaten Cirebon di Cirebon, Rabu (5/8/2020).

Namun, dirinya tetap akan memastikan untuk mengetahui dirinya sehat atau tidak. Jika dinyatakan sehat, Ridwan Kamil mengaku dirinya sudah memenuhi kriteria untuk menjadi relawan uji vaksin, yaitu berumur 20 hingga 59 tahun, serta dalam kondisi sehat.

Baca Juga:  Ridwan Kamil Minta Perusahaan Adakan Tes Proaktif Covid-19 Mandiri

“Kalau pemimpinnya mau, rakyatnya pasti yakin,” ungkap Ridwan Kamil.

Sekitar 1.620 warga Jabar dibutuhkan untuk menjadi relawan uji vaksin Covid-19. Menurut Ridwan Kamil, vaksin sebenarnya tersedia dari 4 negara, yaitu Cina, Korea, Inggris dan Indonesia.

Baca Juga:  Pemkot Bogor Antisipasi Resiko Bencana Musim Hujan

Namun, syarat vaksin untuk bisa digunakan harus melalui 3 kali pengetesan, dua kali di negara sendiri dan sekali di negara lain. Saat ini, uji coba vaksin akan dilakukan untuk vaksin dari Cina.

“Vaksin dinyatakan berhasil jika tingkat imunitas juga naik,” kata Ridwan Kamil.

Baca Juga:  Terkait Corona, Ridwan Kamil Sebut Jabar Aman Dikunjungi Wisatawan

Pada kesempatan itu, Ridwan Kamil juga meminta kepada kepala daerah dan forum komunikasi pimpinan daerah (Forkopimda) untuk selalu menjaga kekompakan.

“Perang kita masih panjang,” katanya.

Perang itu, kata dia, adalah perang melawan Covid-19 yang vaksinnya sendiri baru bisa digunakan untuk seluruh masyarakat Indonesia sekitar 6 atau 7 bulan lagi. (Red)