HPN 2021 Digelar Tahun 2022, Provinsi Sultra Tetap Tuan Rumah

JABARNEWS | JAKARTA – Dampak pandemi Covid-19, kegiatan puncak Hari Pers Nasional (HPN) yang semula akan digelar pada 9 Februari 2021 ditiadakan dan digeser pada 2022 serta Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) tetap sebagai tuan rumah kegiatan akbar tersebut.

Hal ini diputuskan dalam Rapat Pengurus Harian Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat dan telah mendapat persetujuan Pemprov Sultra, Rabu (05/08/2020).

“Provinsi Sulawesi Tenggara tetap menjadi tuan rumah HPN. Hanya saja, karena pandemi Virus Corona atau Covid-19 yang belum tahu kapan akan berakhir, maka kegiatan HPN di Sultradigeser menjadi tahun 2022,” ujar Ketua Umum PWI Atas S Depari melalui siaran pers.

Menurutnya, peringatan HPN yang dilaksanakan di sejumlah daerah di Indonesia dimaksudkan supaya kegiatan yang selalu digelar setiap tanggal 9 Februari bisa berkontribusi secara positif terhadap daerah yang menjadi tuan rumah.

Kontribusi positif yang paling dirasakan adalah datangnya ribuan orang ke daerah tersebut sehingga terjadi berputaran ekonomi rakyat yang luar biasa. Namun kata Atal, dengan adanya Covid-19 ini, pihaknya khawatir jika kegiatan ini tetap dilaksanakan di Sultra, dikhawatirkan tujuan bisa jadi tidak akan tercapai.

Baca Juga:  Sikap Tegas Presiden Jokowi ke Mafia Tanah: Silakan Detik Itu Juga Digebuk!

“Pandemi Covid-19 juga sangat berpengaruh terhadap segala aktivitas termasuk persiapan perayaan HPN 2021. Aktivitas penerbangan, hingga kegiatan fisik maupun pertemuan langsung yang masih sangat terbatas, sehingga tidak memungkinkan bisa berbuat banyak di daerah tuan rumah,” kata dia.

Lebih jaug Atal menjelaskan, ada beberapa daerah yang akan menjadi tuan rumah HPN 2021. Tetapi, pihaknya belum menyebutkan karena masih dalam pembahasan dan penjajakan kepada calon tuan rumah tersebut.

Sementara pihak Sekda Provinsi Sultra, Nur Endang Abbas berserta jajaran yang ikut dalam rapat tersebut mengapresiasi pihak pengurus PWI Pusat selalu panitia HPN yang masih mempercayakan Sultra sebagai tuan rumah HPN meski bergeser menjadi tahun 2022.

Menurutnya, Pemprov akan lebih siap lagi jika dua tahun masa persiapan untuk menyambut kegiatan nasional berskala besar itu. Apalagi menghadirkan presiden di Bumi Anoa.

Baca Juga:  Resmi! Kejagung Tetapkan Menkominfo Johnny G Plate Tersangka Korupsi Ini

“Kami sangat berterima kasih kepada PWI pusat dan sangat bangga karena masih mempercayakan Sultra sebagai tuan rumah tahun 2022. Kami akan berusahakan semaksimal mungkin untuk menjadi tuan rumah dan menyambut para tamu se Indonesia dan negara sahabat di sini, yang lebih baik,” ungkapnya.

Nur

Endang menambahkan, untuk tetap mempromosikan Sultra di HPN 2021, pihak Pemprov akan menitip beberapa hal kepada panitia HPN, seperti membuatkan seragam panitia menggunakan kain tenun khas Sulawesi Tenggara, serta hal lain. Dia juga akan berkunjung ke kantor pusat PWI untuk koordinasi lebih lanjut mengenai persiapan tersebut.

Baca Juga:  Wisata Taman Maya Datar Purwakarta, Cocok Untuk Berswafoto

Ketua PWI Sultra Sarjoni sendiri mengaku cukup sedih sekaligus lega dengan keputusan ini. Sebab persiapan yang cukup melelahkan yang dilakukan sejak sebelum pelaksanaan HPN 2020 di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, harus berujung pergeseran waktu.

“Kita bersyukur karena Covid jugalah membuat waktu kita melakukan persiapan cukup panjang. Dengan pandemi begini langkah kita terbatas, sehingga membuat kita khawatir tentang pelaksanaan HPN kalau 2021 tetap di Sultra,” ujar Sarjono.

HPN merupakan momen penting bagi seluruh insan pers seluruh Indonesia, yang puncaknya diselenggarakan tiap tanggal 9 Februari. Berbagai agenda yang melibatkan masyarakat pers maupun khalayak umum dilaksanakan dalam rangakain HPN tersebut. Setiap puncak HPN, Presiden Indonesia selalu hadir di manapun dilaksanakan. HPN juga memberi dampak positif yang besar bagi pembangunan daerah maupun perputaran ekonomi masyarakat di daerah tuan rumah.(rilis)