Masyarakat Apresiasi Tindakan Tegas Polres Purwakarta Terhadap Pelaku Kejahatan

JABANEWS | PURWAKARTA – Masyarakat Kabupaten Purwakarta memberikan apresiasi atas tindakan tegas jajaran Polres Purwakarta terhadap pelaku kejahatan yang beraksi di Kabupaten Purwakarta.

Ketua All Otomotif Purwakarta, Umay Riyadi mengatakan tindakan tegas aparat kepolisian dari Polres Purwakarta terhadap pelaku kejahatan dilakukan agar memberi efek jera kepada kawanan yang berniat untuk melakukan tindakan kriminal. Pasalnya belakangan kejadian ini sudah meresahkan masyarakat, bahkan memperkeruh keadaaan di masa pandemi Covid-19.

“Saya mendukung sikap kepolisian yang berani menindak tegas para pelaku kejahatan langsung di tempat. Hal ini diperlukan untuk menjamin rasa aman di masyarakat,” ungkap pria yang akrab disapa Bro Umay itu, saat ditemui disela-sela kegiatanya, Jumat (7/8/2020).

Dirinya juga meminta jajaran kepolisian memprioritaskan keamanan di lingkungan pemukiman masyarakat dan lokasi-lokasi yang dirasa rawan kejahatan dan tindakan kriminal lainnya sudah sangat meresahkan.

Baca Juga:  Jelang Porprov 2022, Atlet Arung Jeram dapat Pelatihan Lanjutan

Tak lupa, Umay pun mengingatkan masyarakat agar selalu waspada, terutama jika sedang dalam perjalanan. Dia menegaskan bahwa tindak kriminal seperti begal, Pembol rumah atau ruko dan kejahatan lainnya bisa terjadi di mana saja dan mengancam siapa saja.

“Kami mendukung tindakan tegas yang dilakukan Polres Purwakarta untuk menjaga ketertiban, keamanan dan kondusifitas Kabupaten Purwakarta yang kita cintai ini,” ungkap Umay.

Terpisah, Ketua Lembaga Swadaya Masyarakat Komando Penegak Keadilan (LSM Kompak) Kabupaten Purwakarta, Luthfi Bamala, mendukung jajaran Polres Purwakarta untuk melakukan tindakan-tindakan tegas terhadap para pelaku kejahatan.

“Demi terciptanya kondusifitas wilayah, kami meminta polisi tetap melakukan tindakan tegas terhadap para pelaku kejahatan,” kata Luthfi kepada awak media, di Sekretariat Kompak, Jalan Ahmad Yani, Cipaisan, Purwakarta.

Menurutnya, sebagai bagian dari masyarakat Purwakarta dia percaya kepolisian telah berkomitmen mengimplementasikan program kerja yang Profesional, Modern dan Terpercaya (Promoter).

Baca Juga:  Mala Agatha Lewat Lagu 'Serba Salah' Mencoba Peruntungannya di Music Dangdut

Implementasi program promoter telah menunjukkan hasil yang baik. Kepercayaan publik terhadap institusi Polri terus meningkat. Hal ini harus tetap dipertahankan.

“Kami juga apresiasi tindakan-tindakan Polres Purwakarta yang telah dilakukan selama ini, termasuk kepada pelaku kejahatan perampokan ruko di Munjul Jaya,” ujarnya.

Pria yang juga menjabat sebagai Ketua DPD Partai Nasdem Kabupaten Purwakarta itu juga kembali mengingatkan, tindakan tegas polisi sangat diperlukan dalam memberantas kejahatan. Apalagi pelaku kejahatan sekarang ini semakin nekat, bahkan tidak segan menghilangkan nyawa korbannya.

“Kami perhatikan, akhir-akhir para pelaku kejahatan jalanan tidak segan-segan melukai, bahkan menghilangkan nyawa para korbannya. Di mana para pelaku begal atau rampok sudah seperti teroris yang menciptakan _fear of crime_ atau menciptakan ketakutan akan kejahatan yang berujung pada timbulnya keresahan publik,” ungkapnya.

Baca Juga:  Sempat Terbesit Waswas, Emil Siapkan Diri Lahir Batin Buat Uji Klinis Vaksin

Namun demikian, Luthfi juga mengutarakan, upaya menciptakan situasi yang kondusif bukan hanya tugas polisi. Peran serta masyarakat dan instansi terkait sangat diperlukan dalam mencegah timbulnya kejahatan.

“Situasi yang aman dan nyaman saat ini adanya tercipta dari peran masyarakat maupun dari unsur stakeholder terkait. Dari LSM atau kelompok masyarakat, kita pun melakukan langkah-langkah di antaranya pada fase preemtif, kita bersama masyarakat menanamkan norma-norma hukum,” tuturnya.

Ia juga berharap selain melakukan penegakan hukum (represif), polisi juga harus tetap melakukan kegiatan preemtif dan preventif, di antaranya melakukan patroli bersama masyarakat dan instansi terkait.

“Upaya ini, dapat menekan gangguan kriminalitas. Kami siap dilibatkan untuk membantu jika diperlukan,” pungkasnya. (Gin)