Ini Cara Alami Sembuhkan Batuk Tanpa Obat

JABARNEWS | BANDUNG – Batuk adalah sakit yang biasanya disebabkan oleh virus. Namun batuk juga merupakan mekanisme alami tubuh, untuk mengeluarkan benda asing yang masuk ke saluran pernapasan. Batuk yang terjadi sesekali merupakan batuk yang normal, namun jika batuk terus menerus hingga mengeluarkan dahak, bisa menularkan penyakit kepada orang-orang sekitar.

Biasanya saat batuk disertai dengan beberapa gejala seperti demam, pilek, sesak napas dan tenggorokan nyeri. Beberapa cara alami bisa membantu menyembuhkan gejala batuk, namun jika sedang batuk parah, lebih baik konsultasikan ke dokter.

Berikut tips menyembuhkan batuk secara alami, tanpa menggunakan obat-obatan, dilansir dari berbagai sumber:

Baca Juga:  Dua Orang Ini Tambah Catatan Baru Usai Nakes Di Purwakarta Positif Covid-19

Konsumsi Air Putih – Tips menyembuhkan batuk secara alami, tanpa menggunakan obat-obatan, Sahabat Fimela bisa mengonsumsi air putih secara rutin. Pada saat batuk, tenggorokan akan terasa sangat kering dan dehidrasi, sehingga membutuhkan cairan untuk membantu menghidrasi tenggorokan.

Air putih sangat baik dikonsumsi, karena bisa membantu menjaga sel imun dalam tubuh. Jadi konsumsilah air putih minimal 8 gelas sehari.

Jahe dan Madu – Tips menyembuhkan batuk secara alami, bisa mengonsumsi minuman jahe hangat, yang dicampur dengan 1 sendoh teh madu. Jahe dan madu merupakan bahan dasar, yang biasanya dijadikan sebagai ramuan herbal, untuk membantu menyembuhkan penyakit seperti batuk.

Baca Juga:  Tekan Covid-19, MCCC Cimahi Minta Terus Disiplin Jalankan Protokol Kesehatan

Jahe dan madu memiliki sifat antiseptik yang bisa membantu menyembuhkan peradangan. Kandungan madu juga bisa memberi lapisan pelindung pada selaput lendir, agar tidak terlalu kering atau dehidrasi karena batuk.

Teh Herbal – Tips menyembuhkan batuk secara alami yang selanjutnya, konsumsilah teh herbal seperti teh hijau, atau teh chamomile dan berbagai teh herbal lainnya. Teh herbal selalu dijadikan minuman untuk obat-obatan. Karena beberapa jenis teh herbal, memiliki sifat antipasmodik dan antibakteri.

Baca Juga:  [INFOGRAFIS] Ingat Pesan Ibu Soal 3M

Sifat yang terkandung di dalam teh herbal, bisa membantu menyerang bakteri dan virus penyebab batuk, dan membantu tidur menenangkan tenggorokan yang teriritasi.

Mengurangi Gorengan – Tips menyembuhkan batuk secara alami, tanpa menggunakan obat, yaitu bisa mengurangi makan gorengan. Biasanya makanan yang di goreng, menggunakan minyak yang terlalu banyak dan panas, sehingga bisa melukai tenggorokan yang sedang kering.

Untuk itu hindari mengonsumsi gorengan pada saat batuk, konsumsilah makanan yang diolah dengan dikukus atau direbus, untuk membantu menenangkan tenggorokan yang sedang teriritasi karena batuk. (Red)