Gunung Sinabung Semburkan Debu Vulkanik 5000 Meter Ke Udara

JABARNEWS | KARO – Gunung Sinabung terletak di Kabupaten Karo, Sumatera Utara kembali erupsi dengan mengembuskan debu vulkanik ke udara dengan ketinggian mencapai 5000 meter, Senin (10/8/2020) siang.

Kepala Pos Pemantau Gunung Sinabung, Armen membenarkan gunung Sinabung erupsi dengan ketinggian semburan debu vulkanik mencapai 5000 meter dari puncak gunung.

“Tadi gunung Sinabung erupsi, kolom debu teramati arah Timur dan Tenggara,” ungkapnya.

Baca Juga:  Peringati Hati Bhayangkara ke-75, Polres Purwakarta Ziarah ke Makam Pahlawan

Ia minta masyarakat dan wisatawan yang ada disekitar radius 3 km dari gunung Sinabung bila masih ada agar evakuasi diri dan menggunakan masker melihat tebalnya debu vulkanik berasal dari erupsi gunung Sinabung.

“Radius 3 km dari gunung Sinabung agar tidak dilaksanakan melihat aktivitas Sinabung belum normal dan agar menggunakan masker,” ujarnya.

Baca Juga:  Ih Ngeri, Truk Lindas Pengendara Ninja

Ditempat terpisah, Palawi warga Desa Tiga Pancur, Karo mengatakan, aktivitas gunung Sinabung terus meningkat sejak beberapa hari belakangan ini. Erupsi yang terjadi Senin siang sempat membuat warga kembali was-was, ini disebabkan tingginya semburan debu vulkanik mencapai 5000 meter.

“Sudah 3 hari ini gunung Sinabung erupsi, siang tadi erupsinya paling besar mencapai 5000 meter ke udara membuat kota Berastagi hujan debu,” katanya.

Baca Juga:  Ketua DPRD Jabar: Lelang Jabatan Harus Benar-benar Terbuka

Dijelaskannya, sampai saat ini gunung Sinabung masih terus mengeluarkan debu vulkanik tanpa henti. Ia memperkirakan debu vulkanik bakal sampai ke kota Medan bila dilihat dari arah angin membawa debu vulkanik.

“Bila kita lihat debu vulkanik bakal sampai Medan karena sampai sekarang belum reda Sinabung memuntahkan debu vulkanik,” bilangnya. (Ptr).