Pilihan Antara Lockdown dan Masker, Ridwan Kamil Laporkan Ini Pada Jokowi

JABARNEWS | BANDUNG – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menilai memakai masker salah satu cara untuk mencegah penularan virus corona atau Covid-19. Langkah itu lebih efektif daripada kebijakan lockdown.

“Kami percaya kajian lockdown dan masker sama menekan penularan virus corona. Kalau lockdown ada korban ekonomi dan sosial, kalau pakai masker tidak,” kata Kang Emil saat menerima kunjungan Presiden Joko Widodo di Bandung, Selasa (11/8/2020).

Baca Juga:  Ramai Penolakan Bansos, Ridwan Kamil: Maaf Ini Situasi Sulit

Ridwan Kamil mengaku sudah membagikan 18 juta masker kepada masyarakat di Provinsi Jabar. Sedangkan kota dan kabupaten sudah membagikan masker 5 juta.

Kang Emil meminta masyarakat wajib memakai masker jika tidak ingin diterapkan lockdown dan pembatasan sosial berskala besar (PSBB).

Baca Juga:  Kasus Covid-19 di Wilayah Anies Baswedan dan Ridwan Kamil Turun, Tapi..

“Maka keyakinan itu kami sampaikan kalau tidak mau lockdown dan PSBB sok (silahkan) pakai makser,” kata dia.

Sementara itu, untuk zona hijau di wilayah Jabar menggelar kegiatan belajar tatap muka. Namun kegiatan tersebut tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Baca Juga:  Begini Pantun dan Harapan Ridwan Kamil di Hari Jadi Kota Tasikmalaya

“Ini juga sudah ada kota dan kabupaten zona hijau maka hati-hati belajar tatap muka. Jabar banyak gunung sehingga jarang ada Covid-19,” ujar dia.

Hingga saat ini jumlah kasus aktif Covid-19 sekitar 2.900 orang dan pasien sembuh sekitar 4.400 orang. Kasus positif Covid-19 menempatkan Jabar berada diurutan kelima di Indonesia. (Red)