Live Stream Bandung 132 TV


Benda Misterius dan Bersejarah Ditemukan PT KAI, Ini Kata Sejarawan

Bekasi juga masuk dalam sejarah, seperti jembatan sasak yang menghubungkan alun-alun ke Pasar Proyek itu adalah sejarah

Jendela bersejarah dan kuno ditemukan di bawah proyek Stasiun Bekasi. (Foto: dok Humas Bekasi)

JABARNEWS | BEKASI - Berupa benda misterius dan bangunan bersejarah diduga merupakan cagar budaya ditemukan di Kota Bekasi tepatnya di Stasiun Bekasi Kota yang tengah dilakukan perombakan oleh PT Kereta Api Indonesia.

Sejarawan Ali Anwar mengungkapkan bahwa ada tiga benda bersejarah yang ditemukan di Stasiun Bekasi Kota. Pertama, bangunan dengan struktur bata merah di kedalaman lebih dari 4 meter, pondasi bangunan yang tidak jauh posisinya dari penemuan pertama, dan jendela berukuran besar.

Baca Juga:

Biografi R.A. Kartini, Sosok Inspiratif Kaum Perempuan

Ramadhan, Puluhan Ribu Botol Miras di Bekasi Dimusnahkan



"Jadi jendela itu ditemukan oleh pekerja KAI di bekas gudang sebelum dirobohkan, posisinya di tempat bangunan Pimpro (pimpinan proyek)," kata Ali. Selasa (11/8/2020).

Benda yang dianggap unik tersebut kata Ali, diperkirakan dibuat pada masa penjajaha karena benda ini termasuk langka. Ia juga meminta agar benda tersebut disimpan dengan keamanan yang cukup hingga tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

"Kalau orang yang enggak ngerti bisa diambil, atau orang yang ngerti bisa seenaknya aja bawa. Nanti akan ditentukan Disparbud untuk dikelola atau dipasang supaya bisa kelihatan nilai sejarahnya," ujar dia.
Halaman selanjutnya 1 2
Tags : Sejarah Benda Minsterius Benda Kuno Benda Bersejarah Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi Sejarawan Bekasi PT KAI Jabarnews Berita Jawa Barat Berita Jabar Terkini

berita terkait

Mengenal Wisata Sejarah Gunung Kunci Sumedang

Mengenal Sejarah Di Objek Wisata Museum Balai Kirti Bogor

JMN Channel

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

tag populer

unduh aplikasi