Info Penting dari Menpan RB untuk Para Pejabat Eselon

JABARNEWS | JAKARTA – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Tjahjo Kumolo menargetkan penyederhanaan birokrasi atau eselon selesai pada akhir tahun ini.

“Alih jabatan ASN dapat dilakukan secara bertahap, dan diharapkan dapat selesai pada Desember 2020,” kata Tjahjo dalam rapat koordinasi, Selasa (11/8/2020).

Tjahjo Kumolo membuka pada Rapat Koordinasi Penyerderhanaan birokrasi yang di lakukan secara virtual 11 Agustus 2020, hadir juga dalam rapat Wakil Presiden Republik Indonesia, K.H Ma’ruf Amin. Rapat koordinasi ini digelar untuk menyederhanakan birokrasi dari struktural ke fungsional.

Baca Juga:  Soal Bahan Pokok Alami Kenaikan Harga, Ini Kata Disdagin Kota Bandung

“Reformasi birokrasi, penyederhanaan birokrasi merupakan visi dan misi dari Presiden dan wakil Presiden Republik Indonesia” ujar Tjahjo

Tjahjo menyatakan alih jabatan ini tidak merugikan penghasilan, kesejahteraan jenjang karir dan tidak mengganggu kinerja kementerian Lembaga ASN bekerja. Tjahjo menyatakan sesuai arahan presiden pada rapat bulan Desember 2019 bahwa alih jabatan ASN dapat selesai pada Desember 2020.

Baca Juga:  Kabupaten Bandung Ajukan PSBB Secara Parsial

Tjahjo juga melaporkan terhitung bulan akhir bulan Juli 2020 telah selesai kurang lebih 68 persen dari perubahan jabatan struktural ke fungsional yang memangkas eselon 3, 4 dan 5. Penyerderhanaan jabatan ASN melibatkan ini tim independen birokrasi nasional dan tim penjamin kualitas reformasi birokrasi nasional.

Baca Juga:  Menengok Shalat Idul Adha Jokowi di Halaman Wisma Bayurini Istana Bogor

Hingga saat ini, sebanyak 40 Kementerian/Lembaga telah melaksanakan proses penyederhanaan birokrasi atau pemangkasan eselon dengan komposisi: Eselon III dari 5.959 menjadi 2.542 jabatan, Eselon IV dari 16.210 menjadi 7.184 jabatan, Eselon V dari 10.328 menjadi 5.072 jabatan. (Red)