Jokowi Janjikan Bantuan bagi 13 Juta Pekerja Segera Cair

JABARNEWS | BANDUNG – Kabar gembira bagi karyawan swasta yang memiliki gaji di bawah Rp 5 juta per bulan. Pemerintah menjanjikan akan ada bantuan yang mengalir tiap bulan. Presiden Joko Widodo memastikan bahwa bantuan uang tunai sebesar Rp 600 ribu akan cair dalam waktu dekat ini. Pembagiannya pun jadi per bulan, selama empat bulan.

“Insya Allah seminggu-dua minggu ini bisa keluar (bantuan dari pemerintah),” ujar Jokowi, dalam rapat bersama Gugus Tugas Covid-19 Jabar di Makodam III Siliwangi, Kota Bandung, Selasa (11/8/2020).

Baca Juga:  Geger Kesurupan Massal, Karyawan Pabrik di Purwakarta Berteriak Histeris

Dia mengatakan, akan ada sekitar 13 juta pekerja yang akan menerima bantuan tersebut. Mereka adalah pegawai non-PNS dan BUMN. Syaratnya, pegawai tersebut harus terdaftar sebagai peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan.

Baca Juga:  Jordi Amat Siap Berikan Penampilan Terbaik di Piala AFF 2022

Jokowi mengatakan, bantuan tersebut berbeda dengan bantuan Prakerja. Bantuan Rp 600 ribu per bulan ditujukan kepada mereka yang masih aktif bekerja, tapi penghasilannya di bawah Rp 5 juta.

“Jadi ini beda yah. Prakerja ini untuk 10 juta orang. Kalau bantuan (Rp 600 ribu per bulan) ini ada sekitar 13 juta pekerja,” katanya.

Baca Juga:  Peringatan Bagi yang Merokok Sambil Mengendarai Motor

Melalui penyaluran bantuan itu, Jokowi berharap daya beli masyarakat kelas menengah dan bawah bisa meningkat. Konsumsi domestik pun bisa tumbuh dan berdampak positif terhadap perekonomian di Indonesia.

“Kuartal pertama kita tumbuh 2,97 persen. Negara lain sudah banyak yang negatif. Tapi kuartal kedua kita minus 5,32, ini kita harus hati-hati,” kata Jokowi. (Red)