Kemenhan Buka Pendaftaran Komcad, Catat Tanggalnya

JABARNEWS | JAKARTA – Kementrian Pertahanan (Kemenhan) telah membuka pendaftaran rekrutmen Komponen Cadangan (Komcad) berlangsung sejak 1-29 Agustus 2020. Satuan ini akan dibentuk seperti sukarelawan yang akan dibekali pendidikan militer. Rekrutmen ini terbuka untuk umum. Namun bibatasi untuk rentang usia 18-35 tahun.

Dirjen Potensi Pertahanan Kemenhan Bondan Tiara mengatakan rekrutmen dilakukan untuk memperkuat pertahanan nasional, terutama saat darurat.

“Komponen ini nanti akan jadi yang perdana karena diatur secara legal,” kata dia sembari menyebut UU Nomor 23 Tahun 2019 Tentang Pengelolaan Sumber Daya Nasional sebagai rujukannya dikutip, Selasa (11/8/2020).

Baca Juga:  Tanamkan Cinta NKRI, Pasopati Kostrad Kenalkan Alutsista Pada Pelajar

Mereka yang mendaftar, kata dia akan dibekali dengan pelatihan militer selama tiga bulan. Ia menyebutkan, Komcad ini dibagi dalam tiga matra, yakni Udara, Laut dan Darat. Disebutkan, selama mengikuti pendidikan mereka juga akan mendapatkan sejumlah hak. Mulai dari uang saku, perlengkapan militer, asuransi dan jaminan kesehatan.

Baca Juga:  Nah Lho! Vicky Prasetyo Klaim Punya Bukti Kalina Octaranny 'Ngamar'

Bondan mengatakan pihaknya mantargetkan 25 ribu Komcad yang akan direkrut. Setelah mendapat latihan militer mereka akan kembali ke profesinya masing masing. Komcad merupakan elemen di luar TNI sama halnya dengan komponen pendukung. Sedangkan komponen pertahanan utama nasional adalah TNI.

Komcad disiapkan untuk dikerahkan melalui mobilisasi. Tujuannya untuk memperbesar dan memperkuat kekuatan dan kemampuan Komponen Utama atau TNI dalam menghadapi ancaman militer. Perekrutan warga sipil dalam Komcad berdasarkan Undang-Undang tentang Pengelolaan Sumber Daya Nasional untuk Pertahanan Negara (PSDN).

Baca Juga:  Robert Alberts Dukung Penuh Penerapan Prokes di Piala Walikota Solo

Warga sipil yang mendaftarkan diri dan lolos seleksi akan mendapatkan beberapa keuntungan. Seperti belajar dasar-dasar militer sampai mendapatkan uang saku. Setelah lolos seleksi, calon Komcad akan belajar tentang latihan dasar militer selama tiga bulan. Setelah itu baru diangkat menjadi Komcad. (Red)