Masuki Kemarau, BMKG Ingatkan Ancaman di Sektor Pertanian

JABARNEWS | BANDUNG – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengingatkan para petani agar mewaspadai ancaman hama pada musim kemarau.

Sektor pertanian di wilayah Jawa Barat perlu mengantisipasinya, karena potensi hama cenderung lebih banyak dibandingkan pada musim hujan.

“Biasanya kalau saat sekarang hama tanaman lebih banyak dari biasanya untuk pertanian,” kata Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Stasiun Klimatologi Bogor, Hadi Saputra saat dihubungi wartawan, Rabu (12/8/2020).

Baca Juga:  12 Kelompok Obrog Cidenok Tetap Rukun

Dia menjelaskan, perlu ada langkah-langkah atau tindakan untuk menekan perkembangan hama tanaman di musim kemarau. Kendati, intensitas hujan di musim kemarau masih akan terjadi.

Baca Juga:  Pemkot Bekasi Guyur Rp4,7 Miliar Bagi UMKM Genjot Produksi APD

Menurut Hadi, musim kemarau tahun 2020 cenderung normal jika dibandingkan dengan musim kemarau yang terjadi pada 2019. Musim kemarau pada 2019 berada di bawah normal.

“Kemarau bukan berarti tidak ada hujan. Untuk kemarau tahun ini, sifatnya normal dibandingkan kemarau tahun 2019 yang di bawah normal,” katanya.

Baca Juga:  Charlie Hebdo Kembali Cetak Kartun Nabi Muhammad, Ternyata Ini Alasannya

Seperti diketahui, dalam beberapa hari terakhir ini hujan kerap terjadi dengan intensitas tertentu. Namun, di beberapa wilayah di Bandung Raya hujan berlangsung cepat. (Red)