Muncul Awan Hitam Mirip Gelombang Tsunami di Aceh, Ini Penjelasan LAPAN

JABARNEWS | BANDUNG – Kemunculan awan hitam mirip gelombang tsunami membuat heboh warga Meulaboh, Aceh. Anggota Tim Reaksi dan Analisis Kebencanaan (TREAK) Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Ina Juaeni, mengatakan kemunculan awan Arcus yang jarang terlihat menandakan akan terjadi angin kuat, diikuti badai yang segera muncul.

Dikutip dari Antara, Rabu (12/8/2020), Ina menjelaskan dalam akun Twitter resmi LAPAN mengatakan, awan yang sempat membuat heboh itu memang muncul dalam beberapa bentuk. Terkadang dengan penampakan yang indah, namun sebagian lagi dalam bentuk yang menyeramkan.

Baca Juga:  Tiga Pemain Andalan Timnas Indonesia Diragukan Tampil Hadapi Curacao di Laga Kedua FIFA Matchday, Ini Alasannya

Awan tipe itu, menurut salah satu peneliti di Pusat Sains dan Teknologi Atmosfer LAPAN tersebut, sangat jarang ditemukan. Sehingga berkembang dan mati tergantung kepada awan induknya.

Awan Arcus memiliki struktur horizontal yang biasanya terlihat sepanjang front bersama awan Cumulonimbus. Awan Arcus tidak berhubungan dengan kemunculan tornado tetapi dapat mendatangkan hujan atau hujan badai.

Awan itu biasanya terbentuk pada ketinggian dekat permukaan sampai 1,9 kilometer (km). Arcus berbentuk gulungan panjang secara horizontal biasanya terpisah dari awan induk (Cb), sedangkan awan Arcus datar atau papan panjang secara horizontal bersatu dengan dasar awan Cb.

Baca Juga:  Mulai dari Senam hingga Bedah Rumah, Ini Rangkaian HUT Partai Golkar ke-57 di Jabar

Awan Arcus terbentuk jika udara dingin dari dalam sistem badai turun dan menyebar. Udara dingin tersebut, kata Ina, menghambat kenaikan massa udara panas, dan ketika udara dingin naik bersamaan dengan udara panas yang lembab, mengalami kondensasi.

Gulungan awan terbentuk karena angin yang berubah. Bagian luar awan nampak halus sementara bagian dalam awan terlihat kasar karena angin yang kuat.

Baca Juga:  Tujuh Pelaku Perampokan Bank di Karawang Ditangkap, Polisi: Empat Orang Masih DPO

Kemunculan awan Arcus menjadi tanda adanya angin yang kuat akan segera muncul. Baik Arcus berbentuk gulungan maupun Arcus datar merupakan peringatan akan adanya hujan badai.

Awan Arcus bentuk gulungan sangat jarang, bentuk datar lebih sering ditemukan, katanya. Awan tersebut biasanya ditemukan sepanjang pantai, namun bisa juga terbentuk di wilayah bukan pantai. (Red)