Live Stream Bandung 132 TV


Jadikan Wilayah Pedesaan Melek Internet, Ini Langkah Diskominfo Purwakarta

Pemkab Purwakarta juga telah mulai menjadikan Teknologi Informasi sebagai media dalam memberikan pelayanan bagi warganya.

Kiri- Kepala Diskominfo Kabupaten Purwakarta, Siti Ida Hamidah. (Foto: Diskominfo Purwakarta)

“Saat ini, kami siapkan website Desaku. Layanan berbasis digital ini diperuntukan bagi seluruh desa yang ada di Kabupaten Purwakarta. Ini menjadi jendela desa untuk mengembangkan peluang melalui digitalisasi,” jelas dia.

Website ‘Desaku’ ini, difokuskan bagi desa untuk mengenalkan produk unggulan desa melalui dunia maya. Termasuk di antaranya, untuk meningkatkan informasi tentang desa. Namun, yang lebih penting adalah membuka peluang peningkatan perekonomian masyarakat desa.

Baca Juga:

Rumah Warga Di Curugluhur Sukabumi Hangus Terbakar, Diduga Ini Penyebabnya

Pemkab Kuningan Izinkan Warganya Mudik, Asal Penuhi Syarat Ini



Misalnya, sambung dia, dengan laman khusus ini setiap desa bisa menyampaikan informasi untuk dikenalkan ke masyarakat luar, meliputi potensi-potensi yang dimiliki desa, tempat wisata, dan keunggulan produk-produk UMKM di desa masing-masing.

Ida menambahkan, dari pantauannya hampir sebagian besar daerah yang telah memiliki website desa, itu hanya menyajikan fitur informasi desa saja. Namun, untuk di Purwakarta website khusus ini dibuat berbeda. Yakni, lebih memperhatikan bagaimana aspek kemanfaatannya bagi desa itu sendiri.

“Dalam Website Desaku, kami juga menyediakan lapak online atau ecommerce. Supaya, masyarakat dapat dengan mudah memasarkan hasil produknya. Adapun untuk pengelolaan Lapak Online di laman tersebut, tanggung jawabnya ada di BUMDES masing-masing," ujarnya.
Halaman selanjutnya 1 2 3
Tags : Melek Internet Pemkab Purwakarta Diskominfo Purwakarta Desa Cerdas Siti Ida Hamidah Website Desa Jabarnews Berita Jawa Barat

berita terkait

JMN Channel

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

tag populer

unduh aplikasi