Ridwan Kamil Lakukan Uji Klinis Vaksin Covid-19 pada 25 Agustus

JABARNEWS | BANDUNG – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil telah memenuhi persyaratan untuk menjadi relawan uji klinis calon vaksin Covid-19 yang berasal dari perusahaan China, Sinovac.

“Saya akan disuntikkan vaksin percobaan ini di tanggal 25 (Agustus)” kata Ridwan Kamil, dalam bincang virtual yang disiarkan langsung Humas Pemprov Jabar, Kamis (13/8/2020).

Baca Juga:  Pemprov Jawa Barat Minta Kabupaten dan Kota Segera Kirim Sampel AFP

Dia mengaku, keputusannya untuk menjadi salah satu relawan diharapkan bisa menghapus anggapan atau narasi bahwa masyarakat dijadikan objek percobaan.

Jika dibiarkan, kata Ridwan Kamil, maka dikhawatirkan situasi kritik bisa lebih parah dan berujung pada provokasi. Menjadi relawan merupakan bentuk bela negara melawan Covid-19 yang sudah berstatus pandemi.

Baca Juga:  Komitmen Mardani H. Maming Lahirkan Entrepreneur Nasionalis

“Dan saya sendiri secara PR saya sadari banyak kritikan ke pemerintah. Makanya saya ikut jadi relawan, karena ada hoax atau provokasi,” kata Ridwan Kamil.

Dia menilai, hampir sepanjang tahun ini pandemi Covid-19 berpengaruh besar terhadap banyak sektor. Oleh karena itu, dia berharap semua dampak pandemi bisa berakhir dengan hadirnya vaksin.

Baca Juga:  Kondisi Sungai Cipakancilan buat Ibu Negara Ngeri

Sebelum vaksin Covid-19 ada, Ridwan Kamil menekankan, masyarakat harus sama-sama menjaga diri dengan disiplin menerapkan protokol kesehatan.

“Jaga jarak dan cuci tangan utamanya masker sampai menunggu vaksin bisa diproduksi di bulan Januari di Bandung,” tukasnya. (Red)