Tempat Ini Diklaim Aman Buat Wisatawan Lihat Erupsi Gunung Sinabung

JABARNEWS | KARO – Erupsi gunung api Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara sangat berdampak negatif pada sektor parawisata di Kabupaten Karo. Namun di satu sisi ada dampak positif bagi wisatawan untuk melihat langsung gunung api Sinabung saat erupsi dari zona aman.

Salahsatu tempat zona aman dapat didatangi para wisatawan untuk melihat detik-detik gunung Sinabung erupsi dari hotel Internasional Sibayak Berastagi yang terletak di kota Berastagi yang letaknya 15 kilometer garis lurus dari gunung Sinabung.

Baca Juga:  Hai Pendaki, Yuk Jelajahi Indahnya Gunung Cihonje Purwakarta

Deputy GM Hotel Sibayak Internasional, Karo, Dedi Nelson pada jabarnews.com, Jumat (14/8/2020) mengatakan, dampak erupsi gunung api Sinabung berpengaruh pada dua sisi. Dimana para wisata tidak diperkenankan untuk mendatangi zona merah yang telah ditetapkan antara radius 3 sampai 5 km dari gunung Sinabung. Namun satu sisi dari zona aman, para wisata dapat melihat saat gunung Sinabung erupsi.

“Satu sisi, ada larangan wisatawan mendekati dan sisi lainya wisatawan dapat melihat langsung gunung Sinabung sedang erupsi,” katanya.

Baca Juga:  Kepergok Main Sabung Ayam, Puluhan Warga Dijemput Polisi Pakai APD

Menurutnya, hotel Internasional Sibayak Berastagi yang terletak di kota Berastagi, Karo masuk zona aman disebabkan letaknya 15 km dari gunung Sinabung. Bagi wisatawan yang menginap di hotel dapat langsung melihat gunung Sinabung erupsi roof top hotel.

“Wisatawan bisa menikmati pemandangan Alam yang spectacular melihat Eurpsi gunung Sinabung secara langsung baik siang atau malam,” ungkap Dedi Nelson.

Baca Juga:  Polresta Deli Serdang Lakukan Pengukuran Suhu Tubuh Pengendara

Menurutnya, seperti di Hawaii, banyak agen perjalanan wisata yang membuka layanan mendaki gunung berapi di Indonesia. Peminatnya bukan cuma turis domestik, namun juga mancanegara. Pastikan untuk melakukan wisata gunung berapi bersama pemandu, jangan nekat melakukannya sendirian.

“Untuk itu bagi wisatawan yang datang ke Karo untuk melihat gunung api Sinabung erupsi harus melihat berada di zona merah atau zona aman dan bila perlu bersama pemandu,” bilangnya. (Ptr)