Gagal di SBMPTN, Kampus Negeri Ini Masih Buka Penerimaan Mahasiswa Baru

JABARNEWS | BANDUNG – Hasil Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2020 telah diumumkan pada Jumat (14/8/2020) pukul 15.00 WIB.

Peserta yang dinyatakan lolos akan diminta untuk melihat persyaratan daftar ulang di situs web atau laman resmi masing-masing kampus.

Sementara untuk yang tidak lolos, jangan berkecil hati. Beberapa PTN masih membuka penerimaan mahasiswa baru melalui jalur seleksi mandiri.

Masing-masing PTN memiliki syarat dan ketentuan dalam menerima mahasiswa dari jalur seleksi mandiri. Berdasarkan penelusuran, berikut PTN yang masih membuka seleksi mandiri.

Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya. Seleksi mandiri di ITS memiliki daya tampung 50 persen dari total kuota mahasiswa di setiap program studi.

Baca Juga:  Indonesia Gencar Tingkatkan Jumlah Wisatawan Mancanegara

Pendaftarannya berlangsung hingga 22 Agustus 2020, di mana pengumuman direncanakan pada 28 Agustus 2020. Seleksi mandiri di ITS didasarkan pada nilai UTBK 2020 atau nilai tes kemampuan akademik ITS, nilai rapor, deskripsi diri, dan prestasi lainnya.

Selain itu, ITS juga membuka penerimaan mahasiswa melalui seleksi kemitraan. Syarat utamanya peserta merupakan utusan dari instansi mitra, baik perusahaan maupun pemerintahan.

Universitas Negeri Semarang (Unnes) juga membuka seleksi mandiri. Pendaftarannya berlangsung pada 18 Mei hingga 3 Agustus 2020, tapi belakangan diperpnjang hingga 23 Agustus 2020.

Baca Juga:  Tepati Janji Bantai Brunei Darussalam, Shin Tae-yong Masih Belum Puas Performa Timnas Indonesia U-19

Penerimaan jalur seleksi mandiri di Unnes sedianya dilaksanakan melalui ujian tertulis. Namun, akibat dari pandemi Covid-19 maka ujian tertulis diganti berdasarkan portofolio.

PTN lain yang membuka penerimaan mahasiswa baru melalui seleksi mandiri adalah Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Seleksi mandiri di kampus ini terdiri atas beberapa jalur.

Di antaranya ialah dari jalur prestasi akademik, talent scouting, skor UTBK SBMPTN, prestasi olahraga unggul, dan portofolio luar negeri.

Pendaftarannya memiliki batas waktu yang berbeda-beda, tergantung dari jalur mana. Di antaranya ada yang berakhir sampai 15 Agustus 2020, 17 Agustus 2020, maupun 26 Agustus 2020.

Baca Juga:  Agar Tetap Nyaman Saat Digunakan, Lakukan Cara Ini Saat Memilih Sepatu Olahraga

Selain PTN-PTN tersebut, Institut Teknologi Bandung (ITB) juga masih membuka kesempatan penerimaan mahasiswa baru dari jalur mandiri.

ITB memperpanjang masa pendaftaran mahasiswa baru, yang sebelumnya berakhir pada 23 Juli 2020 menjadi pada 22 Agustus 2020.

Kuota jalur seleksi mandiri ITB sebesar 30 persen dari daya tampung yang tersedia di setiap program studi. Seleksi jalur mandiri dilakukan untuk penerimaan mahasiswa pada seluruh fakultas atau sekolah di ITB. (Red)