Ini Daftar Petugas Pengibar Bendera Pusaka Di Kabupaten Purwakarta

JABARNEWS | PURWAKARTA – Upacara Kemerdekaan Republik Indonesia pada Senin, 17 Agustus 2020 di Kabupaten Purwakarta tahun ini cukup berbeda dengan upacara di tahun-tahun sebelumnya.

Pasalnya, hanya ada delapan Petugas Pengibar Bendera Pusaka yang merupakan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) tahun 2019, untuk kembali mengibarkan sang merah putih dalam upacara Hari Ulang Tahun ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia Tingkat Kabupaten Purwakarta.

Hal ini dikarenakan pandemi virus corona masih mengancam masyarakat sehingga jumlah pasukan dibatasi demi menghindari adanya kerumunan.

Menurut, Kepala Bidang (Kabid) Kepemudaan, Dinas Kepemudaan, Olahraga, Pariwisata dan Kebudayaan (Disporaparbud) Kabupaten Purwakarta, Ahmad Arif Imamulhaq, kondisi pandemi Covid-19 yang mengharuskan penerapan physical distancing membuat formasi Paskibraka benar-benar ramping. Mulai dari tingkat Nasional sampai daerah jumlah Paskibraka mengalami pengurangan.

Baca Juga:  HANI 2020, AOP Siap Wujudkan Komunitas Otomotif Bersih Dari Narkoba

“Untuk tahun 2020 ini, bahasanya bukan Paskibraka melainkan Petugas Pengibar Bendera Pusaka yang dipilih dari Paskibraka Tahun 2019. Peringataan HUT RI yang ke-75 kali ini masih dalam suasana pandemi Covid-19 dan harus menerapkan protokol kesehatan, jadi hanya ada delapan Petugas Pengibar Bendera Pusaka,” jelas pria yang akrab disapa Arif itu.

Berikut ini delapan Petugas Pengibar Bendera Pusaka yang telah dikukuhkan Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika dan akan bertugas pada upacara 17 Agustus 2020 tingkat Kabupaten Purwakarta.

1. Fara El Diba, pelajar dari SMAN 1 Purwakarta yang merupakan Paskibraka Nasional 2019.

2. M. Ibnu Hammami, dari SMAN 1 Sukatani, yang merupakan Paskibraka Provinsi Jawa Barat 2019.

3. Teguh Pratama, siswa SMAN 1 Sukatani yang merupakan Paskibraka Kabupaten Purwakarta 2019.

Baca Juga:  Catat Ada Selisih pada LKPD Jabar, DPRD Desak OPD untuk Segara Menuntaskan

4. Adriansyah Aditya, pelajar SMKN 1 Purwakarta yang merupakan Paskibraka Kabupaten Purwakarta 2019.

5. Zulfakar, dari SMAN 1 Maniis yang merupakan Paskibraka Kabupaten Purwakarta 2019.

6. Bintang Arizona, pelajar dari SMAN 2 Purwakarta yang merupakan Paskibraka Kabupaten Purwakarta 2019.

7. Salwa Khoirunnisa, siswi dari SMAN 2 Purwakarta yang merupakan Paskibraka Kabupaten Purwakarta 2019.

8. Tubagus Rasyid, dari Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Purwakarta yang merupakan Paskibraka Kabupaten Purwakarta 2019.

“Semoga, tugas yang akan kalian jalankan, bisa berjalan dengan baik, serta mendapat ridha dari Allah SWT,” harapnya.

Arif menambahkan, yakin dan percaya bahwa anggota Paskibaraka dapat melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya dengan penuh rasa tanggungjawab.

“Meskipun ditengah pandemi vіruѕ covid-19 kalian tetap bersemangat untuk melaksanakan tugаѕ yang ѕаngаt mulіа. Saya уаkіn kаlіаn аkаn mеmbаwа Purwakrta lebih baik ke depan. Sekali lаgі ѕауа mеnуаmраіkаn terima kasih kepada Petugas Pengibar Bendera Pusaka tahun 2020,” ucap Arif.

Baca Juga:  Gempa Pangandaran Terasa ke Majalengka, Begini Kesaksian Warga

Terpisah, Ketua Pengurus Kabupaten Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Purwakarta, Anas Gunadi, mengungkapkan, walaupun kondisi pandemi covid 19, Pengkab PPI Purwakarta siap melaksanakan pengibaran dan penurunan sang saka merah putih dalam rangka upacara peringatan detik-detik proklamasi kemerdekaan RI ke-75 tingkat Kabupaten Purwakarta.

“Kami melaksanakan sesuai dengan perintah Bupati Purwakarta yang didasari oleh surat edaran mensesneg dan surat edaran kemenpora tentang pedoman peringatan hari ulang tahun (HUT RI) Ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) Tahun 2020. Semoga semua berjalan lancar,” singkatnya. (Gin)