Mantul.. Derasnya Air Ciliwung Jadi Tempat Pengibaran Sang Saka Merah Putih

JABARNEWS | DEPOK – Banyak cara untuk merayakan hari yang bersejarah yakni hari dimana Negara Indonesia terbebas dari belenggu penjajahan setelah total 350 tahun berada dibawah naungan penjajah.

Seperti halnya warga Depok dengan bangganya bisa mengibarkan Bendera Merah Putih ditengah derasnya air yang mengalkir di sungai ciliwung.

“Hormat, grak!” seruan dari salah satu petugas upacara dengan suara lantangnya dan langsung diiringi lagu Indonesia Raya. Senin (17/8/2020).

Bendera Merah Putih berkibar diatas derasnya air Ciliwung dengan tongkat yang telah disusun sebagai tiang yang berdiri diatas bebatuan sungai.

Baca Juga:  Hari Ini, Penutupan Jalan di Kota Bandung Dimulai Dari Pagi, Cek Lokasinya!

Sebanyak tiga orang pasukan pengibar bendera yang juga didampingi oleh tim penyelamat dengan membawa perlengkapan yang cukup lengkap serta disiagakan perahu karet untuk mengangkut seluruh pasukan pengibar bendera.

“Ini upacara Hari Kemerdekaan Indonesia yang kita gelar tiap tahun di Sungai Ciliwung. Ini tahun ke tujuh kami,” kata anggota Komunitas Ciliwung, Amrih Maulana usai pengibaran bendera, Senin (17/8/2020).

Baca Juga:  Tol Trans Jawa Mulai Berlaku Sistem Satu Arah Hari Ini

Ia juga mengatakan, pengibaran bendera tahun ini berbeda dengan tahun lalu karena kondisi pandemi Covid-19. Bedanya kata dia, kondisi jumlah orang yang hadir.

“Berbeda dengan tahun lalu, tahun lalu lebih masif banyak orang. Tapi sekarang dibatasi,” ujarnya.

Sementara itu, tiga perempuan siswi SMK Negeri Depik yaitu Harisfanufa, Nur Azizah, dan Anggingrum petugas pengibar bendera merasa bangga.

Bahkan mereka mengaku merasa dekdekan ketika mengibarkan bendera merah putih di tengah Sungai Ciliwung.

Baca Juga:  Gawat, Pasien Positif Covid-19 di Sergai Capai 100 Orang

“Baru pertama kali, saya mengibarkan bendera merah putih di Sungai Ciliwung. Awalnya gak, pas dipanggil dekdekan, ” ungkap Nur Azizah yang merupakan salahsatu pengibar bendera di Sungai Ciliwung.

Tujuan pengibaran bendera Merah Putih di Sungai Ciliwung, Amrih Maulana menjelaskan untuk memperlihatkan kondisi Sungai Ciliwung saat ini. Meski begitu, Komunitas Ciliwung Depok tetap berusaha menjaga kelestarian Sungai Ciliwung. (Red)