HUT RI Ke-75, Wali Kota Bandung: Sekarang Kita Melawan Covid-19

JABARNEWS | BANDUNG – Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-75 Republik Indonesia (RI) sebagai momen kebersamaan seluruh pihak untuk tetap berkomitmen melawan Covid-19.

Hal tersebut seperti yang dikatakan Wali Kota Bandung, Oded M Danial dimana perayaan tahun ini walupun dalam suasana yang sederhana akibat dari pandemi Covid-19 ini.

“Mudah-mudahan justru bisa semangat, hari kemerdekaan ini kita bisa bersama-sama,” kata Oded usai Upacara Peringatan HUT RI di Balai Kota Bandung, Senin (17/08/2020)

Baca Juga:  Soal Dugaan Beras PKH Bercampur Biji Plastik, Ini Kata Dinsos P3A Purwakarta

Menurutnya semangat perjuangan harus tetap ada saat ini meski bukan dalam masa penjajahan. Masyarakat kini perlu berdisiplin menerapkan protokol kesehatan sebagai bentuk perjuangan melawan Covid-19.

“Kalau dulu melawan penjajah, sekarang bagaimana kita melawan Covid-19 ini,” kata dia.

Upacara peringatan kemerdekaan pada tahun ini berbeda dari tahun sebelumnya. Menurut Oded, kini upacara diselenggarakan dengan sesederhana mungkin dengan tidak menciptakan kerumunan.

Baca Juga:  Pandemi Corona, AHY: Kita Harus Refleksi dan Bertafakur

Selain itu, pada saat upacara tersebut teks Pancasila dan Undang-undang Dasar 1945 tidak dibacakan. Untuk mempersingkat waktu karena protokol kesehatan, upacara tersebut hanya membacakan teks proklamasi.

Para anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) juga pada saat upacara tetap melakukan jaga jarak dan menggunakan masker serta pelindung wajah sebagai protokol kesehatan.

Baca Juga:  Ingat! Warga Luar Kota Dilarang Wisata ke Bandung Selama Larangan Mudik

Dengan diperingatinya hari kemerdekaan ini, Oded juga mengimbau kepada para tokoh masyarakat agar turun ke lapangan untuk mengingatkan pentingnya penggunaan masker serta penerapan protokol kesehatan lainnya.

“Bisa mengedukasi masyarakat, yang terpenting semuanya intinya saling mengingatkan,” katanya. (Red)