Sering Dijajah Banjir, Warga Depok Maknai Kemerdekaan Dengan Hal Ini

JABARNEWS | DEPOK – Momentum Hari Ulang Tahun (HUT) Indonesia ke -75 dimanfaatkan warga RW 10 Kelurahan Mampang, Kecamatan Pancoran Mas, Kota Depok, Jawa Barat melaksanakan kerja bakti membersihkan gorong-gorong. Mereka bekerja bakti karena ingin wilayahnya merdeka dari banjir yang sudah tahunan.

“HUT RI ini kan gak boleh adakan lomba, kami kerja bakti saja. Dan sudah mendapatkan izin dari lurah, pihak puskesmas, dan wali kota,” kata ketua RW 10 Mampang Endang Woro, Senin (17/8/2020).

Baca Juga:  Ketua Repdem: Narkoba Strategi Asing Lemahkan Pemuda

Warga di RW 10 Kelurahan Mampang kata dia, sudah jenuh dengan adanya banjir. Sebab, tidak ada hujan air kiriman dari Bogor di Kali Licin menguap ke pemukiman dan Jalan Raya Sawangan karena di jembatan Mampang dekat masjid sudah mengalami pendangkalan dan banyak sampah.

“Kalau banjir kami warga sudah jenuh, gak hujan banjir karena air Kali Licin kiriman dari Bogor ditambah jembatan Mampang kolongnya banyak sampah dan bekas coran perbaikan jembatan,” tutur Endang

Baca Juga:  Berikut 100 Kampus Terbaik Di Indonesia, Unpad Berada Di Bawah UMY

Kondisi ini kata Endang sudah dilaporkan ke pihak pemerintah kota. Namun, pihak pemerintah kota selalu menjawab bahwa itu adalah tugas Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

“Nah, tapi kami sebagai warga tidak bisa menunggu berlama -lama. Akhirnya kami lakukan swadaya masyarakat, dengan bekerja bakti. Hasilnya bagaimana nanti yang penting sudah usaha. Kami ingin merdeka dari banjir yang sudah bertahun-tahun, ya ampun,” tutur Endang.

Endang yang mewakili warga Mampang dan warga Depok yang setiap kali hujan deras dan air meluap ke Jalan Raya Sawangan karena kiriman air dari Bogor berharap persoal ini selesai dan bebas banjir.

Baca Juga:  Presiden PKS Ahmad Syaikhu Raih Penghargaan Rising Star of Democracy

Akibat banjir banyak rumah warga yang terendam dan pengendara yang melintasi jalan Sawangan pun terkena dampaknya.

“Kami lihat banjir sering terjadi karena sudah ada pendangkalan di Kali Licin. Kalau ditangani sendiri oleh warga tidak bisa. Ini harus ada kerjasama semua pihak, ” pungkasnya. (Red)