Mulai 20 Agustus 2020, Bandara Husein Sastranegara Kembali Layani Penerbangan Jet

JABARNEWS | BANDUNG – Mulai 20 Agustus 2020, Bandar Udara Husein Sastranegara di Kota Bandung akan kembali melayani penerbangan pesawat jet.

Bandara Husein Sastranegara terakhir kali memberikan pelayanan penerbangan pesawat jet pada Juni 2019. PT Angkasa Pura II selaku pengelola bandara telah memastikan pengoperasian kembali penerbangan pesawat jet.

Menurut Direktur Utama PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin, pengoperasian kembali pesawat jet di Bandara Husein Sastranegara berdasarkan surat Nomor AU.004/3/20/DRJU.DAU.2020.

Ditjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan yang menerbitkan surat tersebut. Surat itu berisi perihal penataan rute penerbangan Bandar Udara Internasional Husein Sastranegara, Bandung.

Baca Juga:  Petrus Selestinus: KPK Selalu Intimidasi Saksi

“Bandar dapat melayani penerbangan berjadwal rute domestik dengan pesawat baling-baling (propeller) dan pesawat jet untuk rute dari/ke Medan, Pekanbaru, Palembang, Banjarmasin, Balikpapan, Denpasar dan Makassar,” kata Awaluddin dalam keterangan tertulis, Senin (17/8/2020).

Menurut dia, maksud dari pengoperasian penerbangan tersebut adalah untuk meningkatkan pelayanan bagi masyarakat. Selain itu, juga untuk pemulihan ekonomi.

“Dengan memperhatikan kegiatan operasional transportasi udara dalam masa kegiatan masyarakat produktif dan aman dari Covid-19, serta pemulihan aktivitas ekonomi dan pariwisata,” katanya.

Baca Juga:  Satukan Perbedaan, MPR RI Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan

Husein Sastranegara juga dapat melayani penerbangan berjadwal luar negeri. Kemudian rute penerbangan berjadwal/tidak berjadwal untuk dalam/luar negeri, serta penerbangan bukan niaga dalam/luar negeri.

Executive General Manager Bandara Husein Sastranegara Iwan Winaya Bahdar mengatakan telah melakukan persiapan agar penerbangan dengan jet dapat dilakukan kembali.

“Bandara Husein Sastranegara terakhir melayani penerbangan jet pada Juni 2019, karena pada Juli 2019 seluruh operasional pesawat jet dipindahkan ke Bandara Kertajati,” katanya.

Baca Juga:  Polres Purwakarta Gencar Disiplinkan Masyarakat Gunakan Masker

Di tengah pandemi Covid-19 ini, kata dia, regulator kembali melakukan penataan rute. Penerbangan jet untuk sejumlah rute dilakukan melalui Husein Sastranegara. “Dan kami siap menjalankan itu mulai 20 Agustus 2020,” ujarnya.

Menurut Iwan, maskapai yang sudah menyampaikan untuk kembali mengoperasikan pesawat jet di Bandara Husein Sastranegara adalah Lion Air untuk rute dari/ke Medan, Denpasar, Balikpapan dan Makassar.

Selain itu, Citilink juga menyatakan siap mengoperasikan pesawat jet untuk rute dari/ke Palembang, Pekanbaru, Denpasar, Medan dan Banjarmasin. (Red)