Bengkulu Pagi Ini Diguncang Dua Kali Gempa Berkekuatan 6,9 dan 6,8 Magnitudo

JABARNEWS | BENGKULU – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan gempa gumi berkekuatan magnitudo 6,9 mengguncang Kota Bengkulu, Provinsi Bengkulu pada Rabu (19/8/2020) pukul 05:23:56 WIB.

Gempa yang berpusat di laut ini, berdasarkan informasi BMKG, juga tidak berpotensi tsunami. Pusat gempa berada di 169 km barat daya Bengkulu. Episenter gempa berada di koordinat 4.50 LS-100.91 BT.

BMKG memastikan, gempa dengan kedalaman 10 km itu tidak berpotensi tsunami. “Hati-hati terhadap gempabumi susulan yang mungkin terjadi,” tulis BMKG di laman resminya.

Baca Juga:  Kasus Covid-19 di Sergai Bertambah, Setengah Diantaranya Adalah ASN

Sementara belum ada laporan terkait dampak dari gempa bumi tersebut. Namun gempa terasa di sejumlah wilayah dengan tingkat getaran yang berbeda-beda.

Gempa paling terasa di Kota Bengkulu dengan skala IV MMI, Bengkulu Utara IV MMI, Mukomuko IV MMI, Seluma IV MMI, Kepahiang IV MMI, Bengkulu Selatan III MMI, Kaur III MMI, Curup III MMI, Lebong III MMI, dan Lubuk Linggau II-III MMI.

Baca Juga:  Social Distancing Efektif Tekan Angka Kecelakaan di Jabar

Tak berselang lama, gempa kembali menggetarkan Provinsi Bengkulu. Kali ini, gempa berkekuatan magnitudo 6,8 terjadi di Kabupaten Bengkulu Utara pada Rabu (19/8/2020) pukul 05:29:35 WIB.

BMKG melaporkan, pusat gempa berada di 78 km barat daya Kabupaten Bengkulu Utara atau pada koordinat 3.74 LS-101.56 BT.

Baca Juga:  Ingin Daftar Sekolah Kedinasan, Simak Info Ini

Titik gempa berada di kedalaman 11 km. “Tidak berpotensi TSUNAMI,” tulis BMKG di laman resminya.

Belum ada laporan terkait dampak dari gempa bumi tersebut. Namun gempa terasa di sejumlah wilayah dengan tingkat getaran yang berbeda-beda.

Gempa paling terasa di Kepahiang dengan skala IV MMI dan Liwa II MMI. (Red)