Simak! Ini Enam Tanda Seseorang yang Tidak Menyayangi Dirinya Sendiri

JABARNEWS | BANDUNG – Sadarilah, bahwa mencintai diri sendiri itu lebih penting dari pada mencintai orang lain. Seperti kita tahu, mencintai orang lain jauh lebih mudah dibandingkan mencintai diri sendiri. Bahkan belajar mencintai diri terbilang jauh lebih sulit daripada membenci diri sendiri.

Mengenali dan mencintai diri sendiri seringkali diabaikan dalam kehidupan sehari-hari. Tak banyak juga orang yang bener-bener faham tentang definisi diri sendiri.

Banyak tindakan yang kamu lakukan setiap hari yang justru menandakan kamu tidak peduli dengan dirimu sendiri. Agar bisa segera sadar dan berubah, kamu harus tahu enam tanda bahwa kamu tidak sayang dirimu pada ulasan berikut ini.

1. Kamu terlalu keras pada diri sendiri – Kamu sering kali memarahi diri sendiri atas salah-salah yang dilakukan diluar kendali. Alih-alih belajar menerima dan memaafkan diri sendiri, kamu justru seperti meletakkan semua beban di pundak sendiri.

Baca Juga:  Ngeri! Menkes Budi Gunadi Perkirakan Kasus Covid-19 di Indonesia Melonjak Lagi: 20 Ribu per Hari

Sebelum membuat hidupmu makin tidak nyaman, ada baiknya kamu mencoba berdamai dengan dirimu seraya mengevaluasi diri tanpa unsur paksaan.

2. Kamu sering mengasihani diri sendiri – Saat kamu membenci diri sendiri, mengasihani diri sendiri akan menjadi kebiasaan sehari-hari. Menikmati kesedihan dan keluhan sudah seperti makanan kesukaan yang tiap hari kamu telan.

Alih-alih mencoba menyelamatkan diri, tindakan semacam itu justru membuat hidupmu kurang berwarna dan tidak berharga baik untuk dirimu maupun orang lain.

3. Kamu takut untuk jatuh cinta – Trauma di masa lalu tidak bisa kamu jadikan kambing hitam atas keputusanmu yang takut jatuh cinta lagi. Menyayangi diri sendiri itu harusnya mengizinkan diri untuk merasakan kebahagiaan bukan justru kebalikannya.

Jika kamu terus menutup hati, sama saja artinya kamu tidak ingin orang di luar sana menyadari bahwa kamu layak dan pantas untuk dicintai.

Baca Juga:  Tanda Cinta SBY ke Almarhumah Ani

4. Kamu hobi membandingkan diri dengan orang lain – Rumput tetangga selalu tampak lebih hijau dari rumput sendiri dan hal tersebut mengganggu hidupmu setiap hari. Hobi membandingkan semacam ini tanpa sadar merusak mentalmu sendiri.

Belajar bersyukur dengan apa yang kamu miliki saat ini bisa jadi langkah awal agar kamu menyayanyi diri sendiri. Berhenti membandingkan dan fokus saja pada usaha baikmu hari ini. Tidak ada usaha yang mengkhianati hasil, ‘kan?

5. Kamu terlalu sibuk memikirkan kritik orang lain – Terlalu sibuk memikirkan perkataan orang lain tentu membuat hidup jadi tertekan. Tanpa sadar kritikan yang kamu pikirkan terus menerus itu justru mensugestimu untuk berhenti dan tidak makin berkembang.

Baca Juga:  Dinkes Kabupaten Bogor Baru Lakukan Tes Swab 14.841 Spesimen, Ini Sebabnya

Alih-alih merusak mental sendiri dengan memikirkan ocehan orang, ada baiknya kamu terus melakukan yang terbaik dan bijaksana dalam menghadapi segala kritik maupun pujian.

6. Kamu berusaha keras untuk menjadi sempurna dengan mengubah dirimu menjadi orang lain – Semakin kamu tidak menyayangi diri sendiri maka semakin besar pula usahamu untuk tampil sempurna dan terkesan ingin dipuji. Orang yang mencintai dirinya tidak akan mengubah apapun demi kesan dan citra orang lain di luar sana.

Orang yang mencintai dirinya paham betul bahwa melakukan hal yang berguna dan terbaik dengan sepenuh hati adalah caranya membahagiakan diri sendiri.

Nah, bagaimana? sudahkah kamu menyayangi diri sendiri? Jadikanlah hidup ini indah dengan cara kamu sayang terhadap dirimu sendiri, jangan terlalu berlebihan jika kamu melakukan sebuah kesalahan sehingga kamu menyiksa dirimu sendiri. (Red)