PT Aquafarm Tabur 100 Ribu Benih Ikan Tilapia Ke Danau Toba

JABARNEWS | SIMALUNGUN – Dalam mendukung ketahanan pangan dan penghasilan nelayan di sekitar danau Toba, PT Aquafarm Nusantara Indonesia Regal Springs Indonesia (RSI) tebarkan 100 ribu benih ikan tilapia (Nila) diperairan danau Toba, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, Kamis (20/8/2020).

Dian Octavia, Senior Manager Corporate & Community Affairs PT Aqua Farm Nusantara pada jabarnews.com mengatakan, penebaran 100 ribu benih ikan tilapia ke perairan danau Toba dalam rangka program kami perduli untuk mendukung program ketahanan pangan Pemerintah RI dan membantu peningkatan pendapatan nelayan tradisional di perairan danau Toba.

Baca Juga:  Puan Maharani dan Anies Baswedan Tak Sengaja Bertemu Usai Lempar Jumrah

“Kegiatan ini bagian dari program kami Komunitas Danau & Air Regal Springs Indonesia yang dilaksanakan perusahaan,” katanya.

Dikatakan Dian,penebaran benih ikan tilapia dilakukan 4 kali setahun bekerjasama dengan Pemkab Toba Samosir, Pemkab Samosir untuk mengembalikan kesediaan ikan di perairan danau Toba guna mempertahankan keseimbangan ekosistem lingkungan perairan danau Toba.

Baca Juga:  1.000 Sanitasi Pedesaan Akan Dibangun Kemenaker-Kemendes

“Penebaran benih ikan tilapia dilakukan 4 kali setiap tahun agar keseimbangan ekosistim lingkungan perairan danau Toba tetap terjaga,” ungkap Dian.

Ditempat terpisah, Carles Sirait warga Parapat mengaku sangat berterima kasih terhadap PT Aquafarm yang telah begitu peduli dengan kondisi lingkungan dan ekosistim perairan danau Toba dengan menebarkan 100 ribu benih ikan tilapia.

“Dengan penebaran benih ikan tilapia, ekosistim dalam perairan danau Toba terus stabil,” katanya.

Baca Juga:  Pakar Hukum Tata Negara Refly Harun Tanggapi Dugaan kejahatan Penghilangan Organ Tubuh Brigadir J

Ia menjelaskan, saat ini jenis ikan pora pora merupakan ikan selalu bisa didapat di danau Toba, sekarang ini sudah sulit di dapat,bahkan nyaris punah. Namun dengan penebaran benih ikan tilapia ini akan menjadi penghasilan nelayan sekitar danau Toba.

“Dengan ditebarkan 100 ribu benih tilapia maka akan menjadi mata pencarian nelayan tetap stabil, terutama disaat pandemi ini,” bilangnya. (Ptr)