Pesawat Jet Mengudara Lagi dari Bandara Husein, Ini Harapan Pemkot Bandung

JABANEWS | BANDUNG – Sejak Juli 2019, sejumlah maskapai penerbangan pesawat jet tidak diperbolehkan beroperasi di Bandara Husein Sastranegara Kota Bandung. Hal itu mengakibatkan jumlah wisatawan ke Bandung menurun.

Hal itu disampaikan Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana berharapan dengan kembali aktifnya Bandara Husein Sastranegara melayani penerbangan pesawat jet, bisa mengangkat lagi sektor pariwisata di Ibu Kota Jawa Barat

Baca Juga:  Sebanyak 21 Nama Calon Komisioner KPID Jawa Barat Telah Diserahkan ke DPRD

“Okupansi penumpangnya (pesawat jet) juga cukup banyak, jadi mudah-mudahan kebangkitan pariwisata lokal,” kata Yana di Bandara Husein Sastranegara, Kota Bandung, Kamis (20/08/2020).

Ia menjelaskan semenjak sejumlah maskapai penerbangan di Bandara Husein di pindahkan ke ke Bandara Kertajati, Majalengka, telah membuat menurunnya sektor pariwisata Kota Bandung.

“Hal itu yang membuat menurunnya sektor pariwisata Kota Bandung karena jarak tempuh yang cukup jauh bagi wisatawan apabila ingin menuju Bandung dari BIJB, Dia (wisatawan) harus ke Kertajati dan perlu transportasi, waktu lagi, mungkin saja dia akhirnya di sekitar Kertajati wisatanya, kalau di sini kan sudah jelas,” katanya.

Baca Juga:  Miras Oplosan di Tasikmalaya Sebabkan Dua Pemuda Tewas

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung Dewi Kenny Kaniasari mengatakan angka wisatawan yang menuju Bandung itu sempat turun hingga mencapai 80 persen sebelum masa pandemi COVID-19, atau di masa normal.

Baca Juga:  Respons Cepat Wafatnya Cak Nur, Khofifah Tunjuk Sekda Jadi Plt Bupati Sidoarjo

Menurutnya kepindahan rute pesawat jet dari Bandara Husein Sastranegara ke BIJB Kertajati menjadi faktor hal tersebut terjadi.

“Sudah hampir 80 persenan (turun), yang tadinya rata-rata terakhir di tahun 2019 itu di 7,9 juta wisatawan, nah itu menurun ketika sebagian rute jet ini dipindah ke Kertajati,” katanya. (Red)