Perjalanan Terakhir Gatotkaca, Pesawat Rancangan BJ Habibie Akan Dimusiumkan

JABANEWS | BANDUNG – Pesawat rancangan BJ Habibie N-250 Gatotkaca melakukan perjalanan terakhir menuju Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala (Muspusdirla) Yogyakarta, Rabu (19/8/2020).

Rrencananya Pesawat kebanggaan Indonesia ini akan dijadikan koleksi oleh Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala (Muspusdirla) Lanud Adisutjipto, Yogyakarta.

Baca Juga:  Soal Fasilitas Pendidikan, DPRD Minta Pemprov Jabar Lakukan Ini

Pesawat pertama buatan Indonesia itu, kini tengah dibawa dari Bandung menuju Yogyakarta, melalui perjalanan darat.

“Ya, kira-kira datang Sabtu (22/8) pagi pukul 08.00 di museum,” kata Kapentak Lanud Adisutjipto Mayor Sus Ambar Rejiyati, Kamis (20/8).

Karenanya, prosesi kedatangan itu tidak bisa disaksikan langsung masyarakat umum. Penerimaan cuma bisa disaksikan pimpinan-pimpinan Lanud Adisutjipto dan para wartawan lewat protokol ketat.

Baca Juga:  Hari Ini, Sembilan Bioskop di Bandung Kembali Beroperasi

“Itu akan disiarkan langsung dari TIm Dispenau, (masyarakat) bisa melihatnya secara streaming,” ujar Ambar.

Seperti diketahui, Gatotkaca merupakan pesawat buatan asli Indonesia pertama yang merupakan rancangan almarhum BJ Habibie. Pada 1995, pesawat itu sempat menggegerkan dunia karena kecanggihan teknologinya.

Baca Juga:  Jelang Lawan Filipina, Shin Tae-yong Minta Anak Pemain Timnas Indonesia Tak Ulangi Kesalahan Individu

Perjalanan Gatotkaca dari Bandung menuju Yogyakarta tidak dilakukan melalui perjalanan udara. Gatotkaca, akan menempuh perjalanan darat dari Depohar 10 Lanud Husein Sastranegara menuju Muspusdirla Lanud Adisutjipto. (Red)