Live Stream Bandung 132 TV


Geliat Wisata Religi di Kabupaten Purwakarta

Seperti di Masjid Agung Baing Yusuf ini, dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat, wisata religi sudah nampak mulai dibuka. DKM menyediakan tempat cuci tangan serta melaksanakan penyemprotan disinfektan secara berkala.

Masjid Agung Baing Yusuf yang berada di lingkungan Pemkab Purwakarta menjadi salah satu lokasi wisata relegi. Terlihat petugas secara rutin melakukan penyemprotan disinfektan di komplek Makam Syekh Baing Yusuf. (Foto: Diskominfo)

Ketiga tempat wisata religi itu diantaranya, Makam Eyang Pandita yang terletak di Desa Pasanggrahan, Kecamatan Bojong, Kabupaten Purwakarta. Makam Eyang Pandita berada di Kawasan Desa Wisata Kampung Tajur, berdekatan dengan Curug Panembahan.

"Oleh masyarakat setempat Eyang Pandita dipercaya sebagai sesepuh Desa Pasanggrahan. Keunikan dari makam ini adalah lokasinya yang berada di atas bukit, sehingga dapat terlihat pemandangan gunung Burangrang, area pesawahan, perkebunan sayur warga dan kawasan hutan," kata Kadisporaparbud Purwakarta, Agus Hasan Saepudin.

Baca Juga:

Digitalisasi Berbagai Layanan, Evolusi Bank Bjb Menuju Era Cashless

Layanan Mobile Banking Bank Bjb, Masuk 10 Terbaik Nasional



Tempat wisata religi lainnya, lanjut Agus, adalah Makam Dalem Gandasoli yang berada di Desa Mekarsari, Kecamatan Darangdan, Kabupaten Purwakarta. Berkaitan dengan nama Gandasoli konon ceritanya sekitar Tahun 1628 datang seorang panglima tentara Mataram bernama Raden Surya Sumadita Angga Yuda atau akrab disapa Eyang Dalem Gandasoli dengan Mbah Balung Tunggal, Mbah Jaksa dan lainnya.

Beserta Pasukannya dengan tujuan untuk menggempur tentara VOC yang berada di Batavia. Sebelum sampai ke tujuan beliau bersama pasukannya sempat singgah di suatu tempat yang bernama Lembur Kolot (dahulu masuk Desa Gandasoli, sekarang masuk Desa Mekarsari). Pada waktu itu jalur sungai yang digunakan untuk menuju Batavia satu-satunya melalui Sungai Citarum.

"Eyang Dalem Gandasoli meninggal pada tahun 1713. Peralatan dan bajunya sampai saat ini masih ada dan diamankan oleh warga sekitar," ujar Agus.
Halaman selanjutnya 1 2 3
Tags : Wisata Religi Pemkab Purwakarta Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika Masjid Agung Baing Yusuf Makam Syekh Baing Yusuf Jabarnews Berita Jawa Barat Disporaparbud Purwakarta

berita terkait

Gunung Sinabung Erupsi, Tinggi Kolom Abu Capai 1500 Meter

JMN Channel

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

tag populer

unduh aplikasi