Ramai Pengunjung, Bandung Zoo Perketat Pengawasan Protokol Kesehatan

JABARNEWS | BANDUNG – Ribuan pengunjung mulai berekreasi ke kebun binatang Bandung atau Bandung zoo. Setelah sebelumnya harus ditutup selama hampir tiga bulan lebih, akibat pandemi Covid-19.

Marketing Komunikasi Bandung Zoo, Sulhan Syafii mengungkapkan, beberapa minggu ini banyak wisatawan melaksanakan rekreasi ke Bandung Zoo untuk melihat satwa-satwa, seperti Harimau Sumatera, Harimau Banggala dan hewan-hewan lainnya.

Dia menyebut, ramainya pengunjung itu setiap akhir pekan, dan hari-hari libur nasional lainnya, Katanya jumlah pengunjung saat ini mulai naik, namun angkatnya masih sangat sedikit jika di Bandingkan sebelumnya di tutup akibat Covid-19.

Baca Juga:  Bupati Purwakarta Cek Kesiapan Ponpes Untuk Penerimaan Santri Baru

“Bulan ini ada beberapa libur panjang dan itu mulai kecenderungan naik, tapi belum bisa mengejar trand penutupan sebelum Covid-19. Kalau dulu kita perhari Minggu atau libur hari ini itu minimal 5000-6000, Kalau sekarang 2500 juga sangat bagus. Jadi baru setengahnya,” kata Sulhan saat dihubungi, Kamis (20/8/2020).

Untuk menghindari penyebaran Covid-19, lanjut dia, saat ramai pengunjung pikanya juga sudah menerapkan protokol kesehatan ketat bagi setiap wisatawan yang akan masuk kawasan Bandung zoo ini. Begitupun dengan semua petugas diwajibkan menggunakan ADP lengkap.

Baca Juga:  Operasi Yustisi, Polisi Temukan Puluhan Remaja Pesta Miras Rayakan Reuni Sekolah

“Kita siapkan 2 westafel di pintu kemudian kita siapakan hansanitheizer, di ukur suhu kemudian wajib menggunakan masker, dan saat antri setiap pengunjung jarak 1 meter setengah,” jelasnya.

Selain itu, Sulhan menjelaskan, tempat atraksi satwa juga sudah melakukan pembatasan untuk pengunjung dengan satu kursi ditandai larangan untuk duduk, kemudian ada petugas yang mengingat untuk jaga jarak, dan tetap mematuhi protokol kesehatan.

“Ada petugas yang mengingat untuk jarak jarak, jadi mc di panggung juga mengingatkan harus ketat protokol kesehatan. Jadi itu yang selalu dihimbau terus,” ucapnya.

Baca Juga:  Tercatat Ada 186 Korban Aksi Unjuk Rasa di Depan Gedung DPRD Jabar

Sebelumnya, ujar Sulhan, Bandung zoo dibuka kembali sejak, Sabtu (27/06/2020) Pembukaan ini sesuai dengan keputusan pemerintah Kota Bandung yang diterima oleh manajemen kebun binatang pada Kamis 25 juni.

“Dulu sebelum di buka kita lakukan tes rapid seluruh petugas dan Alhamdulillah semuanya negatif. Selamana kita buka sebulan lebih berjalan dengan lancar, petugas dari pemerintah kota kerap kali berkunjung mengecek protokol kesehatan,” tutupnya. (RNU)