Tinjau Lokasi Banjir Lahar Dingin, Ini Pesan Bupati Karo

JABARNEWS | KARO – Bupati Karo, Terkelin Brahmana didampingi Kepala BPBD Kabupaten Karo, Natanael Parabgin angin meninjau lokasi banjir lahar dingin di Desa Perbaji dan Desa Sukatendel, Kecamatan Tiganderket, Kabupaten Karo, Sumatera Utara, Sabtu (22/8/2020) sore.

Dalam peninjauannya Bupati Karo melihat langsung arus deras banjir lahar dingin terdiri dari lumpur dan batang kayu disekitar aliran sungai terdampak lahar dingin. Pada kesempatan itu Terkelin Brahmana minta agar jalur lahar dingin segera dinormalisasi agar bila terjadi lahar dingin tidak berimbas pada areal pertanian warga

Baca Juga:  Bakal Ada Wisata Kuliner dan Kerajinan Baru Di Kota Bogor, Ini Lokasinya

“Segera lakukan normalisasi jalur lahar dingin agar tidak berdampak pada lahan pertanian warga,” ujarnya.

Selain itu dia minta warga sekitar aliran sungai terdampak lahar dingin agar lebih waspada melihat kondisi lahar dingin dipenuhi lumpur dan kayu.

Baca Juga:  Banyak Warga Miskin di Ciamis Belum Dapat Bantuan

“Warga di sekitar aliran lahar dingin agar waspada demi keselamatan,” katanya.

Di kesempatan itu Bupati Karo juga membagikan masker kepada warga sekitar dalam pencegahan penyebaran Covid-19 di Kabupaten Karo.

Baca Juga:  Data Pemilih Bocor, IPO: Komisioner KPU Perlu Dirombak Total

Sementara itu, Kepala BPBD Kabupaten Karo, Natanael Parangin menambahkan, pihaknya dibantu pemantau Gunung Sinabung terus melakukan pemantauan di sekitar aliran lahar dingin untuk mengantisipasi terjadinya lahar dingin berkelanjutan.

“Kita terus lakukan pemantauan sekitar jalur lahar dingin agar berimbas terhadap areal pertanian sesuai arahan pak Bupati,” katanya. (Ptr)