Petani Lembang Keluhkan Harga Sayur Anjlok, Ini Langkah Pemkab

JABARNEWS | BANDUNG – Petani sayuran di Kampung Cibodas, Desa Suntenjaya, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat mengeluh karena harga sayuran di pasaran anjlok bahkan terbilang murah sudah sekitar beberapa bulan terakhir ini.

Seperti yang dikatakan oleh salah seorang petani Kampung Cibodas, Desa Suntenjaya, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat Tihar (50) hingga saat ini belum ada tindakan dari pemerintah mengenai anjloknya harga sayuran.

“Pemerintah belum turun tangan sampai saat ini. Tidak ada jaminan untuk petani,” ujar Tihar.

Tihar juga mengatakan, dari dulu pihak pemerintah juga belum ada gebrakan program yang dirasakan bagi para petani untuk mensejahterakan sektor pertanian. Padahal pihaknya sangat menunggu pemberdayaan dari pemerintah sebagai bentuk dukungan pemerintah untuk sektor petani.

Baca Juga:  Diduga Depresi, Seorang Pria Nekat Gantung Diri

“Ya dari dulu untuk pelaku pertanian menengah kebawah, enggak ada program mensejahterakan para petani. Hanya selintas saja, tidak ada program jangka panjang membuat para petani sejahtera,” ungkapnya.

menyikapi hal tersebut, Bupati Bandung Barat Aa Umbara melalui Dinas Pertanian Bandung Barat memerintahkan kepada seluruh ASN di Pemda Bandung Barat untuk membeli sayuran dari para petani berasal Bandung Barat.

Baca Juga:  Petani Desa Cisaat Bersyukur Adanya TMMD

“Nanti saya coba panggil kepala dinas pertanian kalau bisa ya dua tahun tiga tahun kan bisa dibeli, partisipasi oleh ASN mereka bisa ini. Kita akan coba nanti Dinas Pertanian kalau bisa ya seluruh ASN membeli sayuran dari para petani disini,” ujar Aa Umbara di Lembang.

Untuk saat ini, Kata Aa Umbara, pihaknya belum bisa memberikan insentif bantuan untuk mendorong para pelaku usaha khususnya di bidang pertanian agar sektor pertanian di KBB menggeliat lagi.

Baca Juga:  Berikan Kuliah Umum di Unpar Bandung, Jokowi Tekankan 3 Hal Ini

“Ya paling tidak dibeli barangnya juga sudah membantu mereka lah, paling tidak begitu. Kalau kita membantu juga ya kita disesuaikan dengan APBD yang ada. Tapi kalau bantuan misalnya ada berapa petani, ada anak buah sekitar dua ribu, ya mereka terbantu,” pungkasnya.

Aa berharap dengan cara seperti itu Petani di Lembang bisa terbantu. Ia juga mengajak segenap ASN Kabupaten Bandung Barat untuk membeli dengan harga normal ke Petani. (Red)