Ketua MPR Minta Penyelidikan Kebakaran Kejagung Harus Terbuka

JABARNEWS | JAKARTA – Ketua MPR Bambang Soesatyo meminta penyelidikan menyeluruh tentang penyebab kebakaran di gedung Kejaksaan Agung. Penyelidikan pun harus dilakukan secara terbuka.

Ketua MPR meminta penyelidikan terbuka untuk meminimalisir spekulasi tentang penyebab kebakaran. Diperlukan penyelidikan yang terbuka, terutama karena musibah ini terjadi ketika Kejagung sedang menangani sejumlah kasus yang menjadi sorotan publik.

“Saya menyarankan agar dilakukan penyelidikan yang menyeluruh dan terbuka, terutama karena musibah ini terjadi ketika Kejagung masih menangani kasus Djoko Tjandra dan kasus Jiwasraya, dua kasus yang masih menjadi perhatian publik,” ujar Bambang Soesatyo melalui keterangan tertulis dilansir dari laman Merdeka.com, Minggu (23/8/2020).

Baca Juga:  Pendamping PKH Purwakarta Tuntaskan Distribusi BSB Untuk KPM

Meski para pejabat Kejaksaan Agung sudah menegaskan tidak ada berkas perkara dan alat bukti yang terbakar, tetapi Bambang Soesatyo menilai pernyataan itu tidak cukup untuk memenuhi rasa ingin tahu publik.

Baca Juga:  Redam Covid-19, Pelindo II Tutup Sementara Tiga Terminal Pelabuhan

Hal itu terlihat dari munculnya spekulasi yang mengait-ngaitkan kebakaran dengan sejumlah kasus di ruang publik sebab kebakaran besar itu dinilai sebagai kejadian sangat luar biasa.

Dia menyebut muncul juga dugaan kalau kebakaran itu sebagai tindakan sabotase untuk menghilangkan barang bukti atau berkas perkara. Untuk itu. Bambang Soesatyo mendorong Kejagung segera merespon isu-isu yang beredar itu.

“Menurut saya, itu kebakaran skala besar untuk sebuah komplek perkantoran yang strategis karena berlangsung selama beberapa jam hingga tengah malam tadi. Gedung itu pasti selalu dijaga karena ada dokumen penting, termasuk alat penyadap,” ujar Bambang Soesatyo.

Baca Juga:  Dispusipda Jabar Siapkan Dua Program Ini Buat Layani Pembaca

Selain itu, dia yakin Gedung Kejaksaan Agung dilengkapi dan didukung sejumlah alat bantu pencegah kebakaran besar, seperti detektor asap, alarm kebakaran hingga alat pemadam api, tetapi api sangat besar dan cepat melalap gedung itu. (Red)