Pemkab Tasikmalaya Dinilai Tak Serius Kembangkan Wisata, Ini Alasannya

JABARNEWS | TASIKMALAYA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tasikmalaya dinilai tidak serius dalam hal pengelolaan sektor pariwisata yang ada di Kabupaten Tasikmalaya.

Dari beberapa tempat wisata yang ada di Kabupaten Tasikmalaya diantaranya; Pantai Cipatujah, Pantai Karangtawulan, Pantai Sindangkerta, Pantai Pamayangsari, Objek Wisata Cipanas Galunggung, Situ Sanghyang, Kampung naga, Wisata religi Pamijahan, dan lainnya.

Beberapa objek wisata tersebut, belum ada yang diunggulkan oleh Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya terlebih menjadi ikon wisata daerah.

Baca Juga:  Kemenag Sore ini Menggelar Sidang Itsbat Penentuan 1 Ramadhan 1438 H

Seperti yang dikatakan Kelompok Penggerak Pariwisata (Kompepar) Kabupaten Tasikmalaya, pengembangan wisata di Tasikmalaya belum pernah dilakukan oleh Pemkab Tasikmalaya.

“Kalau dilihat, pemerintah tidak fokus menggarap objek wisata. Akhirnya, tidak ada ikon wisata yang bisa dijual,” kata Ketua Kompepar Asep Zamzam, Senin (24/8/2020).

Seharunya kata Asep, pemerintah melakukan gerakan sehingga wisata di Kabupaten Tasikmalaya bisa diminati pengunjung atau wisatawan. Misalnya, fokus dalam pengembangan objek wisata Cipanas Galunggung. Mulai dari melakukan pembenahan akses jalan, membangun spot baru, atau fasilitas-fasilitas lainnya yang memanjakan kedatangan pengunjung.

Baca Juga:  Penting! Para Nelayan Laut Selatan Garut Waspadai Gelombang Tinggi

“Jadi, objek wisata kesannya digarap semua tapi tidak maksimal. Harusnya satu saja yang digarap maksimal, dan jadikan ikon wisata Kabupaten Tasik. Itu akan lebih menarik para wisatawan,” lanjutnya.

Terpisah dari itu, jawaban yang diberikan oleh Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga Kabuten Tasikmalaya Safari Agustin, pemerintah dalam hal ini Pemkab Tasikmalaya tengah melakukan persiapan pengembangan wisata.

Baca Juga:  Wujud Syukur Peringatan HPN, PWI Ciamis Bagikan Nasi Kepada Masyarakat

Ia mengatakan, Pemkab Tasikmalaya sedang memfokuskan diri merangcang Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPMJD) 2016-2021 yang didalamnya terdapat peruntukan pengelolaan wisata di Kabupaten Tasikmalaya.

“Dimana fokus garapan dalam RPJMD ini yakni pertanian dan pariwisata. Kita mengarah ke arah sana contohnya pembentukan geopark Galunggung,” ucap Safari. (Red)