aqua

Ini Sejumlah Program Pemkab Purwakarta Menuju Daerah Bebas Sampah

Menyelamatkan lingkungan, harus menjadi bagian dari komitmen bersama.

ASN Pemkab Purwakarta dan ASN Dinas Lingkungan Hidup (DLH) setempat saat memantau sejumlah program yang sedang berjalan menuju Purwakarta Bebas Sampah. (Foto: Diskominfo Purwakarta)

JABARNEWS | PURWAKARTA - Upaya pengelolaan sampah yang ramah lingkungan, berkelanjutan dan menghasilkan sampah yang berdayaguna lebih terus dilakukan Pemkab Purwakarta melalui Bidang Pengelolaan Sampah Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Purwakarta.

Dalam rangka upaya menuju Kabupaten Purwakarta bebas sampah, pada tahun ini, setidaknya ada tiga program yang tengah dilakukan oleh dinas tersebut yaitu program Bank Sampah Induk (BSI) hasil kerjasam dengan KLHK, program Tempat Pengelolaan Sampah Reduce, Reuse, Recycle (TPS3R) yang merupakan hasil kerjasama dengan Kementerian PUPR dan program Tempat Pengolahan Sampah terpadu (TPST) dari Kementerian Kemaritiman dan Investasi.

Baca Juga:

Penting Utamakan Protokol Kesehatan di Kantor

Menteri BUMN Rombak Jajaran Direksi Perum Bulog



"Dengan program-program tersebut kita targetkan 70 persen sampah dari sumber, pengelolaannya dapat dilakukan bersama masyarakat dan 30 persen sisanya dibuang ke TPA. Dan target mengurangi dan menangani sampah seperti diisyaratkan perda nomor 3 Tahun 2016 tentang pengelolaan sampah dapat tercapai," ujar Kepala DLH Purwakarta Deden Guntari, melalui Kabid Pengelolaan Sampah, Acep Yuli Mulya, Senin (24/8/2020).

Menurutnya, dengan 50 Bank Sampah Unit (BSU) yang tersebar di sejumlah wilayah dan 1 Bank Sampah Induk (BSI), kebijakan strategi pengelolaan sampah dapat tercapai secara maksimal. Bank sampah ini sesuai dengan misi pengelolaan sampah secara keberlanjutan.

Keberlanjutan yang dimaksud meliputi tiga aspek, yaitu aspek lingkungan, sosial budaya masyarakat dan ekonomi. Meski bank sampah masih perlu banyak peningkatan, tapi menurutnya, itu sangat berperan dalam piramida keberlanjutan tadi. Selain membantu meminimalisasi produksi sampah, konsep bank sampah ini juga turut membantu perekonomian warga. Sehingga, sampah yang dihasilkan ini memiliki nilai manfaat, terutama dari sisi ekonomi.
Halaman selanjutnya 1 2 3
Tags : Pemkab Purwakarta Daerah Bebas Sampah Purwakarta Bebas Sampah Dinas Lingkungan Hidup DLH Purwakarta Bank Sampah Jabarnews Berita Jawa Barat

berita terkait

Awas 6 Masalah Kesehatan Ini Mengintai saat Kelamaan Main Ponsel

Waduh, Ribuan Anak di Cianjur Putus Sekolah

Ini Cara Pemdes Pasirmunjul Dorong Perekonomian Petani

Habib Luthfi dan Ridwan Kamil Hadiri Istighosah Kubro

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi