Live Stream Bandung 132 TV


Ini Sejumlah Program Pemkab Purwakarta Menuju Daerah Bebas Sampah

Menyelamatkan lingkungan, harus menjadi bagian dari komitmen bersama.

ASN Pemkab Purwakarta dan ASN Dinas Lingkungan Hidup (DLH) setempat saat memantau sejumlah program yang sedang berjalan menuju Purwakarta Bebas Sampah. (Foto: Diskominfo Purwakarta)

"Dengan memilah sampah dan mengirimnya ke bank sampah, artinya masyarakat sudah memperhatikan lingkungan. Ketika kita sudah peduli dengan kondisi lingkungan dan berusaha memperbaikinya, maka itu akan mendukung masyarakat yang sehat dan target Purwakarta bebas sampah akan tercapai. Jika sudah seperti itu pada akhirnya akan memperbaiki ekonomi," tuturnya.

Sementara, untuk TPS3R, kata Acep hari ini telah terdapat 5 titik, yaitu di Kelurahan Nagri Kidul, Nagri Tengah dan Kelurahan Sindangkasih Kecamatan Purwakarta, Desa Cadassari Kecamatan Tegalwaru dan Desa Pasawahan Kecamatan Pasawahan.

Baca Juga:

Ingat! Warga Kota Bekasi Dilarang Ziarah Kubur Pada Hari Raya Idul Fitri

Simak! Inilah Rambu Pelaksanaan Ibadah Idul Fitri dari Satgas Covid-19



"Teknologi TPS3R adalah sistem pengolahan sampah dengan inovasi teknologi mesin pencacah sampah dan pengayak kompos yang lebih efektif dan efesien. Hasil pengolahan sampah organik berupa kompos digunakan untuk pupuk tanaman hias dan herbal. Kedepan, diharapkan dapat menghasilkan prodak yang berdayaguna lebih dan bernilai ekonomis," kata Acep.

Sementara untuk program Tempat Pengolahan Sampah terpadu (TPST) yang digagas oleh Kementerian Kemaritiman dan Investasi, saat ini masih dalam tahap pengukuran lokasinya.

"Tahun ini, kita juga mendapatkan bantuan pembuatan Pusat Daur Ulang (PDU) sampah, lokasina di Kecamatan Babakan Cikao. Diharapkan untuk PDU sampah tersebut tahun depan dapat terkelola dengan baik, sehingga kedepan masyarakat dapat diberdayakan dalam pengelolaan sampah sehingga yang masuk ke TPA hanya residu saja," katanya.
Halaman selanjutnya 1 2 3
Tags : Pemkab Purwakarta Daerah Bebas Sampah Purwakarta Bebas Sampah Dinas Lingkungan Hidup DLH Purwakarta Bank Sampah Jabarnews Berita Jawa Barat

berita terkait

JMN Channel

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

tag populer

unduh aplikasi