MUI Kota Depok Katakan Ini Untuk Pengembangan SDM ASN

JABARNEWS | DEPOK – Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Depok kembali mengadakan pembangunan karakter untuk Aparatur Sipil Negara (ASN) secara online, melalui virtual zoom.

Tema yang diangkat dalam pembangunan karakter di Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Depok ini terkait Maqashid Syari’ah dalam mewujudkan visi dan misi Kota Depok.

Baca Juga:  Ridwan Kamil Sebut Setengah Sekolah di Jabar Bisa Gelar Pembelajaran Tatap Muka, Jika..

Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Depok Ustad Rivai Amsir mengatakan, dalam Maqashid Syari’ah atau ketetapan aturan Allah SWT, terdapat lima dasar pedoman yang umum untuk manusia.

“Diantaranya seperti aturan untuk menjaga agama, menjaga jiwa, menjaga akal, menjaga keturunan dan menjaga harta,” ujarnya, Rabu (15/07/20).

Aturan ini, lanjutnya, akan menjadi dasar berfikir dan melakukan sesuatu. Seperti menjaga agama, dengan tidak musyrik dan menduakan Allah serta berbakti kepada kedua orang tua.

Baca Juga:  Nyi Roro Kidul Hingga Kabayan dan Nyi Iteung, Hadir Di Game Ini

“Menjaga jiwa, misalnya dengan tidak membunuh karakter sesama. Menjaga akal dengan berkata baik dan tidak berbuat curang,” terangnya, dilansir dari berita depok

Selain itu, sambungnya, menjaga keturunan dengan tidak mendekati zina dan percaya akan rezeki anak yang memiliki porsi masing-masing. Terakhir, menjaga harta dengan tidak mencuri serta memperlihatkan bentuk atau lekuk tubuh.

Baca Juga:  Ketua Komisi Informasi Jabar Usulkan Napi Jadi Relawan Covid-19

“Jika kelima pedoman dasar ini diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Maka, hidup akan semakin aman, tentram dan nyaman. Insya Allah barokah hidup kita,” tutupnya. (Red)