Seorang Ibu Hamil Positif Covid-19 Hendak Melahirkan Anak Pertamanya

JABARNEWS | SUMEDANG – Seorang ibu hamil berinisial NR (23) harus mengalami nasib yang kurang baik ditengah proses mengandung bayi pertamanya sekarang ini, pasalnya NR dikonfirmasi positif Covid-19 di waktu ia mau melahirkan.

Sebelumnya, ibu hamil tersebut kontrol ke Puskesmas Situ, kemudian di rapid test dan hasilnya reaktif. Kemudian pihak puskesmas menyarankan agar NR menjalani isolasi mandiri dirumahnya di Kecamatan Sumedang Utara, Kabupaten Sumedang.

Baca Juga:  Soal Sistem PPJ, Ini Pesan Dede Yusuf

“Di rumahnya, ibu hamil ini mual-mual dan merasakan akan melahirkan. Kemudian dibawa ke Puskesmas Kota Kaler karena di Puskesmas Situ tidak ada pelayanan (melahirkan),” kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Sumedang, Iwa Kuswaeri, Rabu (26/8/2020).

Iwa mengatakan, saat pasien tersebut sudah mendapat penanganan di Puskesmas Kota Kaler, dia juga langsung dilakukan swab test karena sebelumnya sempat dinyatakan reaktif dari hasil rapid test.

Baca Juga:  Laga Uji Coba Perdana, Persib U-16 Temukan Lawan Sepadan

“Pada waktu di Puskesmas Kota Kaler, dia di-swab tadi malam dan ternyata hasilnya positif Covid-19. Sehingga penanganannya, (tenaga medis) menggunakan APD lengkap,” ucap Iwa Kuswaeri.

Untuk saat ini, lanjut Iwa, pasien ibu hamil yang positif Covid-19 itu sedang dalam proses dirujuk ke RSUD Sumedang agar ibu dan anaknya bisa selamat meskipun dalam kondisi positif Covid-19.

Baca Juga:  Ini Nomor Urut Capres-Cawapres di Pemilu 2024, Jagoan Kalian Siapa?

“Bagi pemerintah daerah, terpenting yang bersangkutan itu bisa melahirkan dengan selamat baik ibunya maupun anaknya,” katanya.

Saat ini, pasien tersebut masih mendapat penanganan khusus dari tenaga medis yang menggunakan alat pelindung diri (APD) lengkap di Puskesmas Kota Kaler dan rencananya, dia juga akan dirujuk ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sumedang. (Red)