Melirik Wisata Edukasi Bale Panyawangan Diorama Purwakarta

JABARNEWS | PURWAKARTA – Bagi kalian yang hendak berwisata atau berkunjung ke Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, rasanya harus singgah dulu di tempat yang satu ini yakni Bale Panyawangan Diorama.

Gedung yang terletak di Jalan KK Singawinata ini, tidak jauh dari Stasiun Kereta Api di Purwakarta kota. Disana kalian akan mendapatkan sajian sejarah dari masa kemasa yang ditampilkan melalui perpaduan arsip, seni dan teknologi.

Baca Juga:  Jokowi Jawab Tiga Isu yang Menyerangnya Di Pilpres

“Bale Panyawangan Diorama Nusantara merupakan ungkapan awal peradaban manusia di Indonesia dan perkembangannya dari masa ke masa sampai sekarang, ditinjau dari berbagai aspek seperti aspek wilayah, keagamaan, kesenian, sosial, budaya, politik, ekonomi, sistem pemerintahan hingga insfratuktur yang di tampilkan melalui perpaduan arsip, seni, dan teknologi,” ujar Kepala UPTD Bale Panyawangan Diorama, Edi Rasidi, Rabu (26/8/2020).

Edi Rasidi menjelaskan, pengubahan bentuk arsip menjadi karya seni dengan sentuhan teknologi ini, bertujuan untuk memperkenalkan arsip kepada masyarakat dengan cara yang mudah dipahami dan menarik.

Baca Juga:  Akhirnya Sri Mulyani Umumkan Waktu Pembayaran Gaji Ke-13 PNS

Bangunan yang dikelola oleh Kantor Arsip Daerah ini diprakarsai oleh Bupati Purwakarta yang pada saat itu dijabat oleh Dedi Mulyadi.

“Ini diresmikan pada tanggal 21 Februari 2015, diprakarsai oleh Bupati Purwakarta Kang Dedi Mulyadi, bertujuan untuk mengangkat peranan arsip sebagai bagian penting dari proses kehidupan berbangsa, bernegara dan bermasyarakat,’ ujarnya.

Baca Juga:  Pemkot Bekasi Sudah Habiskan Anggaran Rp101 Miliar Dalam Penanganan Covid-19

Gedung ini buka dari Selasa sampai Jum’at, pukul 09.00 s.d. 15.00 WIB, dan Sabtu-Minggu pukul 09.00 s.d. 11.00 WIB. di tengah pandemi ini petugas juga menerapkan protokol kesehatan.

“Wisatawan pengunjung nya 70% kebanyakan dari kalangan pelajar dan mahasiswa seperti dari Bandung, ada juga pengunjung dari instansi pemerintahan,” ujarnya. (CR5)