6 Tenaga Kesehatan di Kabupaten Bandung Barat Positif Covid-19

JABARNEWS | BANDUNG BARAT -‎ Aparatur Sipil Negara (ASN) yang terkonfirmasi positif Covid-19 di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bandung Barat kembali bertambah.

Dinas Kesehatan Kabupaten Bandung Barat megonfirmasi ada enam orang tenaga kesehatan (nakes) yang terkonfirmasi positif Covid-19.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bandung Barat Hernawan Widjajanto mengungkapkan, enam nakes tersebut terkonfirmasi positif Covid-19 setelah menjalani swab test beberapa hari lalu.

“Iya, ada enam orang nakes di Kabupaten Bandung Barat yang terpapar Covid-19. Sebelumnya mereka menjalani swab test dan hasilnya positif,” kata Hernawan, Rabu (26/8/2020).

Baca Juga:  Pilkada Karawang, Bawaslu: 20 Dugaan Pelanggaran yang selesai Ditangani

Dia menjelaskan, hingga saat ini pihaknya masih belum mengetahui secara pasti penyebab dan dari mana keenam nakes tersebut bisa terpapar Covid-19. Pelacakan kontak erat dengan nakes tersebut masih dilakukan.

“Masih kami lakukan tracing penyebab paparannya. Bisa dari ketika nakes melayani pasien atau sedang berpergian keluar karena kan kemarin sempat libur panjang,” kata Hernawan.

Baca Juga:  Pria Asal Sergai Ini Tewas Kena Setrum Saat Pasang Kabel

Menurut dia, enam tenaga kesehatan tersebut berasal dari beberapa unit pelayanan kesehatan. Saat ini pelayanan kesehatan tersebut sudah ditutup sementara untuk melakukan sterilisasi.

“Untuk saat ini memang unit pelayanannya kami tutup sementara, karena kan harus sterilisasi. Kami juga lakukan tracing kontak erat, khawatir ada masyarakat yang terpapar,” katanya.

Sejak dinyatakan positif Covid-19, terang Hernawan, kini keenam nakes tersebut tengah melakukan isolasi mandiri. Kondisinya pun dinyatakan sehat dan termasuk ke dalam Orang Tanpa Gejala (OTG).

Baca Juga:  Jangan Coba-Coba Berjalan Sambil Menatap Ponsel Di Kota Ini

“Mereka semuanya saat ini melakukan isolasi mandiri, kondisinya pun sehat. Namun, akan tetap kami pantau kondisi mereka setiap hari,” katanya.

Sebelumnya, ada lima ASN di Pemkab Bandung Barat yang terkonfirmasi positif Covid-19, sehingga dua gedung perkantoran ditutup sementara hingga saat ini.

Pada perkembangannya, empat di antara kelima ASN tersebut saat ini sudah dinyatakan sembuh, tetapi seorang lagi masih dinyatakan positif Covid-19. (Yoy)