DPKPB dan Diskominfo Antisipasi Krisis Air Bersih Pada Musim Kemarau

JABARNEWS | PURWAKARTA – Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (DPKPB) dan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Purwakarta pastikan krisis air bersih di musim kemarau bisa teratasi dengan baik.

Kini, DPKPB Purwakarta tengah memonitor puluhan desa di sejumlah kecamatan yang merupakan daerah rawan kekeringan. Terutama, yang menyangkut kebutuhan air bersih.

Sementara, Diskominfo setempat juga sejak jauh-jauh hari telah meluncurkan call center 112 yang menjadi nomor khusus masyarakat jika memerlukan bantuan dari pemerintah. Layanan tersebut sebagai bagian dari ikhtiar dalam memberikan pelayanan prima kepada masyarakat.

Kepala DPKPB Kabupaten Purwakarta, Wahyu Wibisono mengatakan, kekurangan air bersih, sejauh ini menjadi salah satu persoalan yang sering kali menghantui sebagian besar masyarakat di wilayahnya saat musim kemarau tiba.

“Saat ini, kami sudah mulai mengawasi wilayah-wilayah yang rawan kekurangan air ini,” ujar Wibi, Rabu (26/8/2020).

Dari hasil pemetaan jajarannya, sampai saat ini ada puluhan desa yang rawan kekeringan. Desa-desa ini, tersebar di 10 kecamatan yang ada. Di antaranya, di Kecamatan Campaka, Cibatu, Bungursari, Tegalwaru, Maniis, Plered, dan sebagian wilayah di Kecamatan Purwakarta kota.

Baca Juga:  APINDO: PT Lubuk Naga Miliki Legalitas dari Pemerintah

“Data tersebut, merupakan hasil pemetaan tahun lalu saat terjadi krisis air bersih. Makanya, di musim kemarau ini desa-desa tersebut yang paling di waspadai,” katanya.

Dia menjelaskan, data yang diperoleh dinasnya itu merupakan hasil laporan dari masing-masing desa. Data tersebut, sekaligus menjadi rujukan guna meminimalisasi kerugian dampak musim kering. Termasuk, rujukan penanggulangan krisis air bersih.

“Alhamdulillah, di musim kemarau tahun ini kami belum menerima laporan adanya warga yang telah mengalami kekurangan air bersih,” kata dia.

Terkait upaya yang akan dilakukan jajarannya jika terjadi krisis air di masyarakat, yakni memberikan bantuan jangka pendek berupa pengiriman air bersih. Dalam hal ini, pihaknya telah melakukan kordinasi lintas instansi, termasuk dengan PDAM setempat.

“Upaya jangka pendeknya, dengan mendistribusikan bantuan air bersih ke daerah yang kesulitan air bersih tersebut,” ucapnya.

Baca Juga:  DHPI Gaet Tika Zeins Bawakan "Aku Takut" Milik Repvblik

Wibi menambahkan, saat ini pihaknya juga telah menyebar imbauan ke masing-masing kecamatan. Jadi, mereka diminta untuk segera melapor jika di wilayahnya telah terjadi kekurangan air. Supaya, pihaknya bisa secepatnya kirim bantuan air bersih tersebut. Dalam upaya penanggulangan krisis air ini, pihaknya telah mengalokasikan anggaran Rp75 juta.

“Jika sudah ada kasus kekeringan, terutama sumur warga mengering, biasanya sudah banyak laporan melalui sms center. Alhamdulillah, hingga akhir bulan ini belum ada,” ujarnya.

Dia berharap, ‎solusi jangka pendek berupa bantuan air bersih ini air bisa sedikit membantu meringankan kesulitan warga. Terutama, untuk menutupi kebutuhan sehari-hari. Seperti, untuk memasak, minum, dan mencuci.

“Jadi, warga tak perlu khawatir kekurangan air bersih saat kemarau ini. Kami siap membantu,” kata Wibi.

Sementara di musim kering ini, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) setempat yang dalam hal ini sebagai pengelola layanan tersebut, meminta supaya masyarakat memanfaatkan layanan call center 112. Apalagi, yang berhubungan dengan kekurangan air bersih atau dampak lain yang timbul dari musim kering ini.

Baca Juga:  Penonton Dibatasi 75 Persen, Begini Skema Laga Piala Presiden 2022

“Kami siagakan petugas call center ini 24 jam. Jika terjadi kekurangan air, kebakaran, atau masalah yang timbul di musim kemarau ini, masyarakat bisa menghubungi call center 112. Nanti, petugas kami akan membantu mengkoordinasikan dengan pihak terkait untuk segera mengirim bantuan,” ujar Kepala Diskominfo Kabupaten Purwakarta, Siti Ida Hamidah.

Ida menyadari, musim kemarau telah menunjukan tanda-tandanya. Atas dasar itu, jajarannya tak bisa tinggal diam. Mengingat, di musim kering ini kerap bermunculan ancaman. Dari mulai ancaman kekeringan, krisis air bersih, kebakaran dan persoalan sosial lainnya.

Namun demikian, sambung dia, sejauh ini pihaknya belum menerima laporan terkait adanya wilayah yang mengalami kekeringan ataupun kekurangan air bersih. Meski begitu, jajarannya akan bersiaga untuk turut memfasilitasi keluhan warga tersebut.

“Jadi, nanti tinggal hubungi saja call center kami. Beritahu kami, di mana lokasinya. Nanti kami sampaikan ke dinas terkait,” jelasnya. (ADV)