Mendikbud Bagikan Bantuan Kuota Internet Untuk PJJ, Ini Jumlahnya

JABARNEWS | JAKARTA – Menyikapi banyaknya keluhan yang terjadi selama pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) memberikan bantuan kuota kepada siswa, guru dan dosen mulai September hingga Desember mendatang.

Secara rinci bantua kuota tersebut yakni siswa 53 GB perbulan, guru 42 GB per bulan, serta mahasiswa dan dosen 50 GB per bulan senilai Rp7,2 triliun. Hal ini disampaikan Mendikbud Nadiem Makarim pada saat rapat kerja bersama Komisi X DPR di Gedung DPR, Jakarta, Kamis (27/8/2020).

Baca Juga:  Tapanuli Selatan Diguncang Gempa Tektonik, Warga Sempat Panik

“Kami sudah mendapat persetujuan untuk anggaran sebesar Rp9 triliun untuk tahun ini yang akan kami kerahkan untuk kuota data bagi siswa, guru, mahasiswa, dan dosen selama 3-4 bulan ke depan,” kata Nadiem, Kamis (27/8/2020).

Baca Juga:  UNESCO Tetapkan Pencak Silat Jadi Warisan Budaya Takbenda Untuk Dunia

Selain subsidi berupa kuota internet Mendikbud Nadiem Makarim juga memberikan bantuan berupa tunjangan profesi guru dan tenaga kependidikan, tunjangan profesi dosen, serta tunjangan guru besar. Jumlah anggaran yang disiapkan senilai Rp1,7 triliun.

Anggaran ini kata Nadiem, bersumber dari optimalisasi anggaran Kemendikbud serta dukungan anggaran Bagian Anggaran Bendahara Umum Negara (BA BUN), dan realokasi anggaran program Organisasi Penggerak (POP) yang pelaksanaannya ditunda hingga 2021 mendatang.

Baca Juga:  Woww.. Pameran Barang Sitaan Negara Akan Digelar di Kejaksaan Expo

“Sampai sekarang janji saya bahwa bantuan pulsa untuk siswa dan mahasiswa, Alhamdulillah tercapai. Ini berkat Kementerian lainnya juga yang telah bekerja keras untuk mengamankan anggaran ini dari dana cadangan kita,” Tandas Nadiem. (Red)