Pemprov Jabar Terima Donasi Ventilator dari Perusahaan Eropa

JABARNEWS | BANDUNG – Perusahaan peralatan rumah tangga asal Eropa, Beko, menyumbangkan alat bantu pernapasan atau ventilator berstandar internasional kepada wilayah-wilayah yang membutuhkan di Indonesia dan tahap awal mendonasikan tiga ventilator berstandar internasional kepada Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

Country General Manager Indonesia, PT Beko Appliances Indonesia Ali Cagri Gonculer, memberikan donasi langsung kepada Gubernur Jawa Barat M Ridwan Kamil, yang didampingi oleh Ketua Divisi Kemitraan dan Penggalangan Bantuan Masyarakat Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan COVID-19 Jabar, Dodit Ardian Pancapana, di Gedung Negara Pakuan Kota Bandung.

“Kami menyampaikan terima kasih kepada perusahaan-perusahaan yang telah membantu uapaya mengatasi COVID-19 di wilayah Jawa Barat, salah satunya Beko Indonesia. Kami mengapresiasi bantuan dari Beko Indonesia berupa ventilator yang menjadi perangkat penting dalam membantu menyelamatkan nyawa di tengah pengobatan COVID-19,” kata Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, Kamis (27/8/2020).

Baca Juga:  Uniknya Kemah Pramuka Penggalang Di Malangbong Garut

Provinsi Jawa Barat menjadi provinsi pertama yang menerima bantuan ventilator, yang sangat dibutuhkan untuk menyelamatkan nyawa pasien COVID-19.

Sementara itu, Country General Manager Indonesia, PT Beko Appliances Indonesia Ali Cagri Gonculer, mengatakan dengan memanfaatkan fasilitas research and development serta kapabilitas manufaktur yang dimiliki perusahaan, Beko bersama induk perusahaannya Arçelik, memproduksi ventilator yang diperuntukkan untuk membantu negara-negara yang membutuhkan.

“Ventilator menjadi salah satu perangkat yang sangat dibutuhkan untuk merawat penderita COVID-19. Inilah mengapa di Turki kami berkolaborasi dengan sejumlah pihak, dalam pembuatan ventilator secara masal, yang kemudian dimanfaatkan oleh lebih banyak orang di seluruh dunia,” kata Ali.

Baca Juga:  Soal Penobatan Raharjo Sebagai Pjs Sultan, Putra Mahkota Kasepuhan Cirebon Bersuara

Dia menuturkan, pihaknya memahami dibutuhkan upaya kolektif global untuk mengatasi isu pandemi yang tengah dihadapi bersama.

“Semangat kolaboratif ini pula yang kami bawa ke Indonesia, dengan mendonasikan ventilator ke wilayah yang membutuhkan, salah satunya Provinsi Jawa Barat,” ujar Ali.

Ventilator yang disumbangkan Beko Indonesia merupakan produksi dari Arçelik, perusahaan induk Beko, yang sejak April 2020 telah bergabung dengan sejumlah perusahaan terkemuka, dalam memproduksi ventilator mekanis.

Sebuah tim yang terdiri dari 120 insinyur dari berbagai disiplin, menggunakan fasilitas pembuatan prototipe di Arçelik Garage – sebuah pusat inovasi terbuka di Istanbul, untuk merancang dan menguji prototipe awal ventilator hanya dalam waktu dua minggu.

Baca Juga:  Polri Lepas 111 Personel untuk Amankan TPS di Luar Negeri

Pada Juni 2020, sebanyak 5.000 ventilator berhasil diproduksi, dan didonasikan untuk memenuhi permintaan domestik dan internasional.

“Sebagai merek peralatan rumah tangga yang mendukung konsumen untuk menjalani hidup sehat, Beko memberikan perhatian lebih terhadap kesehatan masyarakat, khususnya selama pandemi COVID-19 ini. Kami berharap bantuan yang diberikan akan dapat bermanfaat dalam membantu para tenaga medis dalam merawat pasien COVID-19, sekaligus mendukung Pemerintah Indonesia memerangi pandemi ini,” tambah Ali. (Ara)