aqua

Marak Perceraian di Tengah Pandemi, Tanggungjawab Siapa?

Nelly, M.Pd. (Foto: Dok. Pribadi)

Penulis: Nelly, M.Pd (Aktivis Peduli Ibu dan Generasi, Pegiat Opini Medsos).

Sangat memprihatinkan dengan adanya tren kasus perceraian sepanjang tahun ini. Angka perceraian semakin menunjukkan peningkatan dari tahun ketahun. Benteng terakhir bagi keluarga muslim ini pun kini mulai mengikis menyisakan persoalan baru yang tak bertepi.

Baca Juga:

Perceraian di Purwakarta Meningkat, Ini Penyebabnya

Kasus Perceraian di Jawa Barat Meningkat



Betapa tidak, di tengah pandemi ini kasus perceraian pasutri kembali marak terjadi. Hampir di semua daerah selama pandemi terjadi kasus perceraian. Seperti yang dilansir dari berita minews.co, kasus perceraian terjadi di Cianjur, Jawa Barat. Berdasarkan data Pengadilan Agama Cianjur, jumlah pendaftar gugatan dalam satu hari bisa mencapai 50 orang. Hingga Juni 2020 kasus gugatan cerai yang terdaftar mencapai 2.029 kasus.

Dilansir dari media medcom.id, tingkat perceraian pasangan suami istri (pasutri) di Jakarta Pusat (Jakpus) meningkat selama pandemi covid-19. Sejak awal virus korona mewabah pada Maret 2020, Pengadilan Agama Jakarta Pusat menerima 600 gugatan perceraian. Yang cerai itu mencapai 150 pasang pasutri dari jumlah perkara yang masuk 250, kata Kepala Pengadilan Agama Jakarta Pusat, Sirajuddin Sailellah, di Jakarta (21 Juli 2020).

Sementara dilansir dari CNN Indonesia, Pengadilan Agama Kelas 1A Kota Semarang mencatat kenaikan drastis kasus perceraian selama masa pandemi virus corona (covid-19). Kenaikan kasus hingga tiga kali lipat itu disinyalir disebabkan oleh masalah ekonomi dalam rumah tangga. Tak hanya menyentuh ranah kesehatan, ekonomi dan pendidikan, ternyata wabah covid-19 sudah berdampak juga hingga ke sendi kehidupan keluarga. Fakta yang sama juga terjadi di tahun-tahun sebelumnya hingga menjadi tren. Bayangkan saja nyaris setengah juta pasangan suami istri (pasutri) di Indonesia cerai sepanjang tahun 2019. Dari jumlah data yang ada, mayoritas perceraian terjadi atas gugatan istri.
Halaman selanjutnya 1 2 3 4
Tags : Perceraian Pandemi Tanggungjawab Pasangan Suami Istri Tugas Suami Tugas Istri Perceraian Rumah Tangga Jabarnews Berita Jawa Barat

berita terkait

Jangan Takut Lapor ke Posbakum Jika Alami KDRT

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi