Cek Pengumuman Kelulusan Kartu Prakerja Gelombang 5, Begini Caranya

JABARNEWS | BANDUNG – Pengumuman penerima Kartu Prakerja gelombang 5 diumumkan hari ini, Sabtu (29/8/2020). Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja melakukan pengumuman kelulusan mulai pukul 08.00 WIB.

Peserta dapat melihat hasil ujian yang dilakukan secara online di waktu lalu. Apakah lulus atau tidak dengan memeriksa dashboard di laman Prakerja.go.id dengan login terlebih dahulu. Lantas bagaimana langkah selanjutnya?

1. Peserta tidak lolos – Bagi peserta yang tidak lolos seleksi penerimaan Kartu Prakerja gelombang 5 maka dalam dashboard akun Prakerja-nya terdapat keterangan “Tidak Lolos”. Namun tak perlu khawatir bahkan hingga patah semangat, peserta yang tidak lolos ujian Kartu Prakerja gelombang 5 dapat memanfaatkan gelombang berikutnya.

“Untuk mereka yang nantinya belum dinyatakan lolos seleksi Kartu Prakerja gelombang 5 bisa langsung ikut mendaftar di gelombang 6 tanpa harus mengulangi proses pengisian data dari awal,” ujar Head of Communications Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja, Louisa Tuhatu.

Baca Juga:  Pasien Covid-19 yang Sembuh Di Indonesia Terus Bertambah

Adapun, Kartu Prakerja gelombang 6 telah dibuka sejak Kamis (27/8/2020) pukul 12.00 WIB. Jumlah kuota yang ada di Gelombang 6 ini sama dengan gelombang 5, Kartu Prakerja gelombang 6 membuka 800.000 peserta.

2. Peserta yang lolos – Bagi peserta yang lolos, mereka akan mendapatkan SMS pemberitahuan, selain itu dapat dilihat dalam dashboard laman Prakerja. Peserta yang lolos gelombang 5 langkah selanjutnya adalah mengikuti pelatihan yang diinginkan menggunakan saldo prakerja yang diberikan.

Baca Juga:  Benarkah Aktifitas Ekonomi di Kota Bandung Bakal Diperluas?

Jangka waktu pengembangan diri peserta ujian Kartu Prakerja melalui pelatihan ini adalah satu bulan, terhitung sejak Kartu Prakerja diterima. Selanjutnya, para peserta yang lolos gelombang 5, Kartu Prakerja ini diwajibkan untuk menyelesaikan pelatihannya hingga selesai.

Mengutip laman Prakerja terdapat dua jenis insenif yang akan diberikan kepada penerima Kartu Prakerja, di luar bantuan pelatihan. Insentif pertama adalah insentif pelatihan yang besarannya sesuai anggaran tahun 2020, yakni Rp 600.000 per bulan selama empat bulan.

Insentif ini hanya untuk pelatihan pertama yang dipilih saja, tidak terdapat insentif pelatihan kedua dan selanjutnya. Adapun, insentif kedua yang diterima adalah insentif survei kebekerjaan yang besarannya Rp 50.000 per survei. Nantinya ada tiga kali survei.

Baca Juga:  Kapolri Sigit Sebut Puncak Arus Mudik Lebaran 2024 Terlampaui dengan Baik

Perlu diketahui, insentif akan diberikan hanya ketika peserta telah menyelesaikan pelatihan ditandai dengan adanya sertifikat.

Insentif juga akan diberikan saat peserta telah memberikan ulasan dan penilaian terhadap lembaga pelatihan yang diikuti. Peserta yang lolos tersebut nantinya akan menerima insentif apabila berhasil menyambungkan nomor rekening bank atau e-wallet di akun Kartu Prakerja.

Penyaluran insentif akan dilakukan maksimal tujuh hari kerja setelah seluruh persyaratan dipenuhi. Untuk insentif survey peserta akan menerimanya jika telah selesai mengisi survei di laman https://www. prakerja.go.id. Melalui dashboard laman tersebut nantinya dapat dilihat apakah insentif sudah turun atau belum. (Red)