Belasan Guru di Cimahi Positif Covid-19

JABARNEWS | CIMAHI -‎ Sebanyak 13 guru di Kota Cimahi terkonfirmasi positif Covid-19 dalam swab test yang dilakukan secara bertahap.

Jumlah guru yang positif Covid-19 itu diharapkan tidak bertambah, mengingat swab test terhadap tenaga pendidik di Cimahi masih terus berjalan.

Wali Kota Cimahi Ajay Muhammad Priatna mengatakan, hasil swab test terhadap guru yang sudah keluar baru berjumlah sekitar 208 orang.

Dari jumlah tersebut, sebanyak 13 di antaranya positif terpapar Covid-19. Mereka terdiri atas 10 guru SD dan 3 guru SMP.

Baca Juga:  Ternyata Ini Penyebab BLT Dana Desa Belum Tersalurkan

“Senin kemarin ada program swab guru, tidak menggembirakan. Dari yang udah diswab dan hasilnya keluar, ada 13 yang terkonfirmasi positif,” kata Ajay, Sabtu (29/8/2020).

Dia mengaku belum tahu persis sumber penularan virus corona terhadap belasan guru itu. Petugas kesehatan terus melakukan tracing terhadap kontak erat dan melakukan kajian epidemiologi.

“Yang terkonfirmasi dan dengan gejala kemudian dimasukkan ke RSUD Cibabat, sedangkan yang tanpa gejala ke BPSDM,” ujar Ajay.

Baca Juga:  Perketat Protokol Kesehatan Covid-19, Disdik Sergai Terapkan 4M

Dia pun mengingatkan agar para guru tidak melakukan perjalanan ke luar daerah selama Work From Home (WFH). Sebab, aktivitas tersebut riskan akan penyebaran Covid-19 ke Kota Cimahi.

Apalagi, kata Ajay, di Cimahi sudah ada beberapa kasus di mana keluarga terpapar Covid-19 usai melakukan perjalanan dari luar daerah.

Baca Juga:  Perpres Baru, Aher Deadline Perbaikan IPAL

“Kami ingatkan para guru selama WFH itu jangan jalan-jalan enggak jelas, karena riskan terjadi paparan Covid,” tukas Ajay.

Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Cimahi, Chanifah Listyarini menambahkan, saat ini petugas dari Puskesmas terus melakukan pendampingan dan penelusuran terhadap belasan guru tersebut.

“Kami harus melakukan penelusuran riwayat ke mana saja. Nanti kami bisa simpulkan apakah dia terpapar dari bepergian, atau terpapar dari saudaranya yang positif,” bebernya. (Yoy)